Home Penyakit 10 Gejala Disleksia yang Perlu Diketahui Sejak Dini

10 Gejala Disleksia yang Perlu Diketahui Sejak Dini

301
0
SHARE
disleksia 1

Gejala Disleksia – Seringkali kita menjumpai anak yang mengalami gangguan saat belajar. Baik dalam hal memahami, maupun memroses suatu materi pembelajaran baru. Jika menjumpai atau memiliki anak yang kesulitan dalam belajar, belum tentu penyebabnya adalah anak malas belajar. Bisa jadi anak tersebut mengidap penyakit yang disebut disleksia.

Apa yang dimaksud Disleksia?

Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, mengeja kata-kata, atau berbicara. Gangguan disleksia bukan merupakan penyakit mental. Namun, termasuk dalam gangguan saraf pada bagian batang otak.

Disleksia memiliki gejala yang bervariasi, tergantung pada usia dan tingkat keparahan yang dialami oleh penderita. Gejala disleksia dapat muncul pada usia 1-2 tahun, bahkan setelah dewasa. Terutama pada anak yang mencapai usia sekolah, gejala akan semakin terlihat, seperti ketika anak belajar membaca. Gejala yang muncul seperti :

  1. Kesulitan anak dalam hal menulis, membaca, mengeja, maupun berhitung, meskipun memiliki tingkat kecerdasannya normal.
  2. Perkembangan dalam berbicara lebih lamban dibandingkan dengan anak seusianya.
  3. Kesulitan dalam proses memahami apa yang didengar.
  4. Kesulitan dalam mengucapkan kata asing (kata yang tidak umum).
  5. Kesulitan dalam hal mengingat dan menyebutkan huruf, angka, dan warna.
  6. Lamban dalam memperlajari nama dan bunyi abjad.
  7. Perkembangan lebih lambat daripada anak seusianya, seperti membutuhkan waktu untuk belajar merangkak, berjalan, maupun berbicara.
  8. Sulit dalam hal berkonsentrasi dan cenderung mudah sakit.
  9. Sering menulis terbalik, seperti menuliskan “pit” saat diminta menuliskan “tip”.
  10. Sulit dalam membedakan huruf tertentu saat menulis, seperti huruf “m” dengan “w”, atau huruf “b” dengan “d”.

disleksia 2

Disleksia juga dapat dialami oleh orang dewasa. Meskipun pengidapnya mengalami gangguan pada proses belajar, penyakit disleksia ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Penyebab penyakit disleksia pun belum diketahui secara pasti. Namun, Mutiara Kesehatan telah merangkum penyebab disleksia dan cara mengatasinya pada laman Penyebab Disleksia. Tujuannya bagi pengidap disleksia diharapkan untuk dapat berlaku normal pada lingkungan bermasyarakat.

Nah, jika Anda memiliki anak yang mengalami beberapa gejala di atas, kemungkinan anak Anda mengidap disleksia. Konsultasikan dengan dokter terkait untuk dapat membantu Anda menemukan jawaban yang pasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here