Home Bahaya Makanan Jenis Masakan Sayuran yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

Jenis Masakan Sayuran yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

20
0
SHARE

Memasak merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan di sebuah rumah tangga, dan sayuran merupakan salah satu dari empat sehat lima sempurna, dimana pastinya selalu hadir dalam setiap menu di rumah.

Dalam memasak tidak jarang memasak sekaligus dalam ukuran porsi yang banyak dengan tujuan untuk beberapa kali makan, misal makan pagi, siang dan sore, tidak jarang masakan sayuran tersebut dipanaskan kembali agar tidak basi atau supaya dinikmati hangat – hangat. Selain dengan tujuan agar lebih hemat, cara ini dianggap lebih praktis dan sudah lumrah dilakukan.

Namun ada beberapa fakta yang mungkin bisa mengejutkan kita jika makanan yang dipanaskan ulang ternyata dapat menghilangkan nilai gizi. Tidak hanya itu beberapa jenis makanan dapat menghasilkan racun jika di panaskan ulang.

Yuk, ketahui Jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang, tips ini perlu diketahui agar keluarga kita terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

bayam - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

1. Bayam

Jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui, bayam merupakan sayuran yang mengandung nitrat tinggi, dimana dapat memberikan nutrisi penting untuk tubuh kita.

Namun memanaskan masakan bayam jangan dilakukan karena nitrat akan melepaskan efek karsinogenik beracun

jamur - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulangfoto: pixabay.com

2. Jamur

Jamur merupakan masakan favorit bagi beberapa orang, Selain texturenya yang seperti daging, jamur juga kaya akan protein. Namun jamur termasuk jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang, karena diperkaya dengan protein ini strukturnya akan beruah jika dipanaskan kembali, hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh dan beresikao terhadap pencernaan dan bahkan bisa menjadi masalah serius untuk jantung.

seledri - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

3. Seledri

Seledri merupakan pelengkap dalam masakan berkuah seperti sop, tanpa seledri mungkin masakan sup sayur tidak akan nikmat. Namun ternyata seledri juga termasuk ke dalam jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang, seperti halnya sayur bayam, seledri juga mengandung nitrat yang tinggi, yang mana dapat menyebabkan racun saat dipanaskan kembali. Apabila terlalu banyak nitrat yang masuk ke dalam tubuh makan dapat meningkatkan risiko methemoglobinemia. Lebih buruknya lagi dapat menyebabkan komplikasi kejang atau bahkan kematian.

kentang - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

4. Kentang

Masih dalam satu menu dengan sup sayur, ketang juga termasuk ke dalam jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang, karena dipanaskan kentang akan kehilangan nilai gizinya, yang mana dapat menimbulkan bakteri langka yang dapat menyerang kesehatan tubuh, penyakit, mual hingga keracunan.

foto: pixabay.com

5. Brokoli

Masih dalam satu menu dengan kentang dan seledri, brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizi yang dikandungnya, namun brokoli juga sebaiknya tidak dipanaskan lagi, karena kandungan nitrat yang tinggi ini dapat memicu risiko kanker

kentang - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

6. Lobak

Sayur pelengkap untuk sup ini juga sebaliknya tidak dipanaskan ulang karena dapat menjadi racun, memang sebaiknya memasak dengan porsi cukup untuk sekali makan.

jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

7. Akar Bit

Tidak banyak dikenal orang bit ini bagus untuk tubuh karena kandungan nutrisi yang bermanfaat, namun sayangnya bit ini juga bersifat seperti bayam, seledri, kentang dan lainnya, yang mana juga termasuk ke dalam jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang karena kandungan nitrat yang tinggi.

wortel 2 - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

foto: pixabay.com

8. Wortel

Untuk jenis sayuran ini tidak hanya dimanfaatkan untuk sup dan masakan untuk makan malam, namun juga bisa di manfaatkan untuk jus, namun untuk kasus masakan yang dipanaskan sebaiknya dihindari, karena dapat mengubah kandungan di dalamnya menjadi zat yang mengancam kesehatan

kangkung - jenis masakan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang

9. Kangkung

Kangkung merupakan masakan sejuta umat, dimana kangkung hampir selalu dikonsumsi, namun sebaiknya dimasak dengan porsi yang cukup dan tidak dipanaskan ulang. Kangkung memiliki kandungan nitrit dan karsinogen saat dipanaskan ulang. Hal tersebut karena sayur daun hijau ini mengandung nitrat serta zat besi.

Setelah mengetahui hal ini mari hilangkan kebiasaan memanaskan masakan, lagi pula masakan yang baru dimasak lebih nikmat dari pada masakan yang dipanaskan ulang bukan?.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here