Home Manfaat Kepiting 6 Manfaat Makan Kepiting yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Makan Kepiting yang Jarang Diketahui

182
0
SHARE
kepiting masakan

Manfaat Makan Kepiting – Siapa yang tidak kenal dengan kepiting. Hewan laut bercangkang yang populer dan dapat diolah menjadi makanan yang lezat juga dikemas dengan lemak esensial, nutrisi, dan mineral. pasti hampir setiap orang mengenalnya. Baik diolah dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus, daging kepiting memiliki kelezatan yang tidak ada duanya.

kepiting

Banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi kepiting memicu kolesterol tinggi, sehingga menghindari untuk mengonsumsinya. Namun, kenyataannya tidak selamanya mengonsumsi kepiting itu buruk, asalkan dengan jumlah porsi yang sesuai. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi olahan kepiting sebanyak dua kali atau tiga kali dalam seminggu.

Daging kepiting mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin B12, vitamin B6, sodium, zinc, triptofan, magnesium, fosfor, dan lainnya. Dimana nutrisi-nutrisi tersebut disebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mendukung kesehatan mata, serta sistem kekebalan tubuh.

daging kepiting

Berdasarkan informasi gizi, 100 gram daging kepiting segar mengandung :

  • Energi         : 151 kalori
  • Protein        : 13,8 gram
  • Lemak        : 3,8 gram
  • Fosfor         : 250 mg
  • Kalsium      : 210 mg
  • Kolesterol    : 78 mg
  • Vitamin A    : 61 mcg
  • Vitamin B1  : 0,05 mg

Manfaat Kepiting

Dibalik anggapan tentang mengonsumsi kepiting dapat memicu kolesterol tinggi, namun ada berbagai manfaat makan kepiting yang jarang diketahui orang, seperti :

1. Memelihara Kesehatan Jantung

kesehatan jantung

Meskipun mengandung lemak, namun kandungan lemak pada kepiting adalah lemak yang baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menjaga kolesterol, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

2. Meningkatkan Imunitas

sistem imun

Kepiting mengandung selenium dan vitamin C yang berfungsi dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh serta memperbanyak jumlah antioksidan untuk mencegah penyakit kronis. Antioksidan sendiri sangat penting untuk melawan radikal bebas yang akan berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi kepiting secara cukup dan tidak dalam jumlah berlebihan dapat menurunkan risiko kanker karena kandungan antioksidan selenium tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

kesehatan tulang

Kandungan fosfor pada kepiting sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi. Mengonsumsi kepiting dengan porsi yang tepat, dapat membuat Anda terhindar dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

4. Baik untuk Kesehatan Otak

kesehatan otak

Daya ingat manusia akan menurun seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi omega-3 yang terkandung pada kepiting, dapat membantu meningkatkan daya ingat, kecerdasan, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

sel darah merah

Kandungan cooper (tembaga) pada kepiting berguna untuk mendukung fungsi organ-organ, dimana kandungan ini berperan dalam penyerapan zat besi, sehingga dapat membantu dalam proses produksi sel darah merah seperti melancarkan sirkulasi darah dan menyebarkan oksigen ke bagian-bagian tubuh.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

bodygoals

Meskipun kepiting tinggi kolesterol apabila dikonsumsi secara berlebihan, namun hewan laut bercangkang ini rendah kalori dan kaya akan protein dan lemak baik. Dengan kandungan protein dan lemak baik tersebut dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu Anda yang sedang menjalani diet dan menurunkan berat badan.

Perlu diingat, apabila ingin mendapatkan manfaa-manfaat dari kepiting tersebut, konsumsilah dalam jumlah yang tepat, jangan terlalu berlebihan. Anda bisa mengolah variasi hidangan kepiting, seperti mencampurkan daging kepiting yang dicincang ke dalam salad atau sup. Daging kepiting juga dapat dijadikan isian sandwich dan sayuran agar lebih sehat. Apabila memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut terutama yang bercangkang, maka berhati-hatilah mengonsumsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here