Home Hidup Sehat 7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)

7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)

79
0
SHARE
LBP 5

Mengatasi Nyeri Punggung Bawah – Nyeri Punggung Bawah atau Low back pain adalah gangguan umum yang seing dikeluhkan oleh masyarakat. Gangguan ini muncul pada daerah punggung bagian bawah. Gejala paling umum yaitu nyeri pada bagian pinggang atau tulang punggung bagian bawah. Duduk terlalu lama karena tuntutan pekerjaan atau mengangkat benda berat berlebihan bisa menjadi penyebab nyeri punggung bawah.

Nyeri punggung bawah diklasifikasikan menjadi 3 golongan, antara lain :

1. Nyeri punggung bawah akut, penderita mengalami gangguan dalam kurun waktu kurang dari 12 minggu.

2. Nyeri punggung bawah sub akut, penderita mengalami gangguan sekitar 6-12 minggu.

3. Nyeri punggung bawah kronis, penderita mengalami gangguan lebih dari 12 minggu.

LBP 4

Faktor risiko nyeri punggung bawah dapat muncul pada seseorang yang :

  • Mengangkat beban atau benda berat berlebihan
  • Obesitan atau berat badan berlebih
  • Memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk banyak duduk atau membungkuk
  • Sedang hamil
  • Terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi
  • Jarang melakukan olahraga
  • Berusia 30-50 tahun
  • Merokok

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

LBP 3

Ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri punggung bawah yang dapat dilakukan di rumah untuk meringankan gejala sekaligus mencegah kekambuhan, seperti :

1. Batasi Bed Rest

Bed rest tidak dianjurkan dilakukan terlalu lama, karena justru akan membuat otot-otot dan struktur jaringan pada area tulang belakang menjadi kaku yang akan meningkatkan rasa sakit untuk beraktivitas setelahnya.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan dan beban ekstra pada otot-otot punggung bawah dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan risiko nyeri punggung.

3. Olahraga

Rutin berolahraga dengan melatih otot perut dan punggung seperti jalan kaki, yoga, atau berenang dapat mengurangi ketegangan pada punggung bawah, sehingga akan mencegah gangguan yang terjadi pada punggung. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

4. Menjaga Postur Tubuh

Postur tubuh yang salah dapat memicu munculnya nyeri punggung bahkan memperberat keluhannya. Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk terlebih ketika melakukan aktivitas sehri-hari. Oleh karena itu, biasakan jaga postur tubuh untuk menghindari gangguan nyeri punggung.

5. Memperbaiki Posisi Tidur

Ketika tidur disarankan dengan posisi kaki sedikit lebih tinggi, terutama saat mengalami nyeri punggung. Mengganjal kaki dengan bantal saat tidur dapat mengurangi tekanan pada puggung. Selain itu, tidur dengan posisi miring dan meletakkan guling diantara kedua lutut dapat menjaga tulang belakang dalam posisi yang netral.

6. Berhenti Merokok

Perokok lebih mungkin memiliki risiko nyeri punggung daripada orang yang tidak pernah merokok. Dikarenakan efek nikotin, aliran dan suplai darah ke jaringan lunak berkurang termasuk jaringann lunak penopang struktur tulang belakang, sehingga pembuluh darah mengecil dan mengerut.

7. Mengompres Dingin dan Panas

Untuk mengurangi rasa nyerinya, kompres punggung dengan es batu yang yang sudah dibungkus kain selama 15-20 menit. Setelah 3 hari nyeri punggung muncul, ganti dengan mengompres air hangat.

Itulah 7 cara mengatasi nyeri punggung bawah atau Low Back Pain. Hindari atau batasi yang menjadi penyebab munculnya nyeri punggung supaya aktivitas keseharian Anda tidak terganggu karena adanya gangguan. Apabila cara-cara di atas tidak berhasil untuk mengatasinya, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan mendapatkan diagnosis lebih jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here