Home Hidup Sehat Warna Urine Menentukan Tanda Kesehatan

Warna Urine Menentukan Tanda Kesehatan

58
0
SHARE
urine

Tahukah Anda bahwa warna urine menentukan tanda kesehatan?

Tubuh seringkali memberikan sinyal apabila terjadi sesuatu pada kondisi kesehatan. Misalnya pusing dan badan berkeringat dingin yang menjadi tanda apabila Anda melewatkan jam makan siang yang sudah saatnya untuk makan, ataupun rasa kesemutan yang datang berulang-ulang dalam waktu yang lama. Demikian juga dengan warna urine yang dapat menjadi tanda kondisi kesehatan Anda.

urine2

Warna urine yang normal bervariasi, mulai dari jernih, kuning pucat, hingga keemasan. Warna  kuning berasal dari pigmen tubuh yang disebut dengan urokrom. Semakin Anda minum banyak air putih, warna urine akan semakin pucat. Oleh karena itu, disarankan banyak minum air putih karena selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi juga membuat kesehatan tubuh terjaga, untuk kecantikan, kesehatan ginjal, serta fungsi tubuh lainnya.

Sedangkan apabila urine berwarna hijau, biru, cokelat, atau merah dapat disebabkan oleh adanya suatu penyakit, misalnya infeksi atau luka pada saluran kemih, hingga kerusakan sel darah merah. Selain itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta obat-obatan juga bisa menjadi faktornya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan warna urine supaya lebih waspada terhadap kondisi kesehatan. Berikut ini adalah 6 warna urine yang dapat mengindikasikan situasi kesehatan Anda, antara lain :

urine1

1. Bening atau Transparan

Urine yang bening atau transparan artinya tubuh mendapat asupan cairan yang sudah terpenuhi, normal, dan terhidrasi dengan baik.

2. Kuning Pucat (Kuning Lemon)

Meskipun tidak bening, warna urine yang kunign pucat ini masih menandakan situasi normal. Karena urine membuang limbah dari dalam tubuh yang larut dalam air. Zat kimia urobilin serta peranan pigmen urochrome yang membuat urine berwarna kuning pucat.

3. Kuning Tua

Apabila urine berwarna kuning tua, hal ini juga masih dalam situasi yang wajar. Tetap perhatikan asupan makanan dan minuman, hindari minuman berperasa seperti teh dan kopi. Karena kondisi asupan akan mempengaruhi perubahan warna urine.

4. Kecokelatan

Warna urine yang kecokelatan perlu diwaspadai, karena menandakan tubuh mengalami dehidrasi. Perbanyak asupan cairan dengan minum air putih yang cukup, bila perlu minumlah segelas air kelapa untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh saat keadaan mendesak.

5. Cokelat Tua

Salah satu tanda tubuh memiliki penyakit liver atau ada masalah pada bagian hati adalah urine yang berwarna cokelat tua. Meskipun demikian, hal ini tidaklah mutlak karena harus ada pemeriksaan khusus. Namun, bisa jadi apabila disertai dengan perubahan kulit dan mata menjadi berwarna kekuningan.

6. Biru atau Kehijauan

Apabila urine berwarna biru atau kehijauan menandakan Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin. Biasanya bisa terjadi pada pengidap diabetes menahun yang mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama, sehingga sering mengalami perubahan warna urine.

Meskipun dengan melihat warna urine bisa mengetahui kondisi kesehatan, namun sebaiknya berkonsultasilah ke dokter secara langsung. Karena perubahan warna urine juga dapat terjadi pada situasi tertentu. Rutinlah minum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari untuk mencukupi asupan cairan tubuh dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here