Home Fakta Unik Inilah 10 Efek Samping Makan Mangga Jika Berlebihan Mengonsumsinya

Inilah 10 Efek Samping Makan Mangga Jika Berlebihan Mengonsumsinya

184
0
SHARE
makan mangga

Siapa yang disini suka makan mangga? Buah yang bisa kita dapatkan dimana-mana selalu menjadi buah favorit bagi banyak orang. Selain rasanya manis dan enak, mangga juga kaya akan vitamin C dan dapat menjaga kolesterol dalam tubuh. Namun, walaupun buah mangga memiliki banyak manfaat, buah ini juga memiliki efek sampingnya lho. Inilah 10 efek samping makan mangga jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

1. Dapat meningkatkan gula darah

Buah mangga yang sudah matang mengandung tinggi fruktosa yang merupakan sumber gula yang kaya sehingga dapat dijadikan alasan meningkatkan kadar gula darah dan lonjakan insulin dalam tubuh. Bagi orang yang menderita diabetes tidak disarankan mengonsumsi buah mangga yang sudah matang terlalu banyak karena alasan ini.

2. Masalah gastrointestinal

Efek samping makan mangga jika terlalu banyak mengonsumsinya salah satunya dapat memunculkan masalah gastrointestinal, terutama mangga mentah. Masalah gastrointestinal itu sendiri seperti gangguan pencernaan bahkan diare.

3. Dapat menyebabkan kegemukan

Kalori yang normal adalah mengonsumsi mangga matang dengan ukuran sedang yang memiliki sekitar 135 kalori. Jika mengonsumsi buah mangga terlalu banyak dapat mencegah penurunan kalori dalam tubuh, sehingga dapat menghambat usaha dalam menurunkan berat badan.

Waktu yang baik untuk mengonsumsi buah mangga adalah 30 menit sebelum olahraga. Karena dapat memberikan jumlah energi yang cukup dan dibutuhkan selama berolahraga.

4. Iritasi

Getah buah mangga yang merembes keluar dari buah mangga yang matang adalah iritan yang sangat kuat dan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Tidak hanya itu, Anda juga tidak diperbolehkan minum air dingin setelah mengonsumsi mangga, karena air dingin itu sendiri dapat menyebabkan koagulasi getah yang mengakibatkan iritasi lanjut.

5. Berpotensi karsinogenik

makan mangga matang

Meskipun tidak semua, namun beberapa pedagang mangga menggunakan kalium karbida yang dapat membuat buah mangga lebih cepat matang. Zat ini dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan dan dapat berpotensi karsinogenik. Kalium karbida juga memiliki efek buruk yang dapat mencakup sensasi kesemutan, mati rasa bahkan neuropati perifer, yaitu gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada sistem saraf perifer atau sistem saraf tepi.

6. Dermatitis kontak

Buah mangga diketahui dapat mengandalikan bahan kimia yang disebut dengan urushiol. Beberapa orang rentan terkena dermatitis yang dapat menyebabkan kulit terasa seperti terbakar. Bagi orang yang sensitif, urushiol dapat menyebabkan ruam pada kulit karena alergi pada saat kontak.

7. Memunculkan kondisi “mulut mangga”

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi yang sering disebut “mulut mangga”. Gejalanya meliputi gatal, bengkak hingga melepuh di sekitar area mulut, bibir dan ujung lidah. Gejala yang biasanya terjadi yaitu pada orang yang alergi makan buah mangga mentah.

8. Memunculkan reaksi alergi

Alergi juga dapat terjadi pada individu yang memiliki alergi terhadap buah mangga. Gejalanya seperti mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin bahkan sampai syok dalam kasus yang ekstrim.

9. Mangga dalam bentuk jus dapat mengganggu kesehatan

makan mangga jus

Buah mangga yang dibuat jus memang lebih bisa menambah sensasi saat menikmatinya. Namun, mengonsumsi mangga dengan cara dibuat jus justru akan berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Mangga yang dibuat jus dapat menghilangkan kandungan serat, sehingga tidak ada manfaatnya.

Selain itu, jika mengonsumsi buah mangga dengan tambahan gula hanya akan menyediakan kalori kosong yang dapat menghilangkan nutrisinya. Kalori kosong tersebut menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup cepat.

10. Tidak baik bagi penderita Arthritis

Bagi individu yang menderita arthritis harus menjaga dalam mengonsumsi buah mangga seminimal mungkin. Penyakit arthritis merupakan penyakit kronis berupa pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan tubuh terasa sulit dan sakit ketika digerakkan. Biasanya hanya terjadi seumur hidup dan menyerang pria dan wanita yang usianya di atas 55 tahun.

Tidak hanya buah mangga, hal yang berlebihan memang tidak baik bagi individu. Disini sangat jelas bahwa meskipun buah mangga sangat banyak manfaat, namun seseorang harus sangat berhati-hati ketika ingin mengonsumsinya. Tidak diperbolehkan mmengonsumsi secara berkebihan, mentah, maupun dengan cara dibuat jus. Konsumsilah dalam porsi yang normal. Selamat makan mangga dengan cara sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here