Home Penyakit A-Z Gejala Penyakit Lupus 90% Dialami Wanita

Gejala Penyakit Lupus 90% Dialami Wanita

130
0
SHARE
Gejala Penyakit Lupus

Istilah penyakit lupus mungkin sudah pernah anda dengar, namun taukah kamu apa itu penyakit lupus?. Lupus merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun pada tubuh yang justru malah menyerang jaringan tubuh, sel hingga ke organ tubuh. Penyanit lupus ini biasa juga disebut penyakit autoimun.

Penyakit lupus ini biasa menyerang berbagai orang tubuh manusia seperti sumsung tulang belakang, kulit, sendi, paru-paru dan jantung. Penyakit lupus ini secara umum menyenga lebih banyak kepada kaum hawa, hal ini disebabkan oleh faktor genetik. Penyebab dari penyakit lupus ini belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui berkaitan dengan penyakit lupus ini.

Terdapat beberapa jenis-jenis penyakit lupus, antara lain:

  1. Lupus eritematosus kataneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)
    Lupus eritematosus kataneus adalah lupus yang bisa berdiri sendiri dan terjadi pada kulit. Lupus jenis ini terjdiri menjadi 3 jenis yakni

    1. chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE)
    2. acute cutaneous lupus erythematosus (ACLE)
    3. subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE)
  2.  Penyakit lupus ini juga dapat dipicu karena penggunaan obat-obatan
    Seorang tanpa penyakit SLE, memiliki kemungkinan terjadinya gejala mirip dengan lupus saat mengonsumsi obat-obatan tertentu, gejala lupus akibat dari obat ini hanya bersifat sementara. Gelaja lupus akibat obat-obatan ini akan hilang ketika konsumsi obat dihentikan. Beberapa jenis lupus yang biasa ditimbulkan dari obat-obatan ini antara lain:

    1. D-penicillamine
    2. minocycline (obat jerawat)
    3. metildopa
    4. procainamide
  3. Lupus eritematosus sistemik
    Lupus eritematosus sistemik merupakan jenis lupus yang paling banyak dialami. Gejala yang ditimbulakan menyerang organ tubuh seccara menyeluruh (sistemik) biasa terjadi pada berbagai organ tubuh seperti ginjal, sendi dan kulit. Gejala yang dimunculkan biasanya inflamasi kronis pada berbagai organ.

Penyebab Lupus

Penyakit ini dapat menyerang pria atau wanita, namun tercatat sebanyak 90% penderitanya adalah wanita. Dari kasus yang terjadi penyakit lupus ini biasanya menyerang pada usia produktif. Adapun beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya gangguan lupus ini, biasanya penyakit lupus timbula karena adanya kekeliruan pada sistem kekebalan tubuh.

Kondisi lupus ini terjadi dikarenakan faktor infeksi, sinar matahari hingga obat-obatan. Faktor lingkungan seperti sinar matahari ini dapat memicu lupus dikarenakan dapat memantik respon organ dalam tuhub bagi seseorang yang rentan.

Gejala Penyakit Lupus

Gejala Penyakit Lupus

Adapun beberapa gejala yang ditimbulkan dari lupus antara lain:

  • Nyeri pada otot dan sendi
    hal ini biasa terjadi pada pagi hari pada penderita lupus, penderita akan menrasakan pembengkakan pada bagian sendi, rasa kaku pada persendian dan rasa nyeri pada jari-jari, leher, bahu lengan dan pergelangan tangan.
  • Demam
    Terjadi demam lebih dari 38°C yang terjadi dikarenakan oleh adanya peradangan dan infeksi
  • Muncul ruam di wajah
    Gejala Penyakit Lupus biasanya muncul ruam di wajah umumnya terjadi pada wanita, muncul ruam seperti kupu-kupu pada wajah bagian tulang hidung ke ke sisi pipi kanan dan kiri tulang rahang. Ruam ini biasa disebut dengan istilah butterfly rash.
  • Mudah Lelah
    seorang penderita lupus akan lebih nudah capek karena adanya gangguan sel darah merah yang rendah dan juga trombosit dan sel darah putih yang rendah.
  • Masalah ginjal
    Akibat dari sel antibodi yang seharusnya melindungi tubuh justru malah menyerang oragan tubuh seperti ginjal akan menyebabkan kerusakan permanen organ ginjal.
  • Rambut rontok
    Ganguan pada tubuh dikarekan oleh lupus ini dapat menyebabkan rontokmnya rambut.
  • Luka mulut
    Luka mulut biasa terjadi pada langit-langit gusi, pipi dan birir
  • Masalah pada ingatan
    Gejala Penyakit Lupus juga meliputi menggangu memori otak, sehingga orang mudah lupa.

Menjaga pola hidup sahat dapat menghindarkan kita dari beberagai penyakit termasuk dari penyakit lupus ini, apabila kita sakit ringan lebih baik untuk tidak mengonsumsi obat karena terlalu banyak obat-obatan yang mask kedalam tubuh kita dapat memicu penyakit autoimun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here