Home Fakta Unik Makanan Enak Penyebab Penyakit Jantung

Makanan Enak Penyebab Penyakit Jantung

194
0
SHARE
Penyebab penyakit jantung

Makanan penyebab penyakit jantung – Jantung merupakan alat vital dari anggota tubuh manusia. Kesehatan jantung harus dijaga dengan berolahraga teratur dan menjaga makanan. Musuh utama jantung adalah kolesterol dan lemak. Penyakit jantung sudah tidak lagi menyerang orang tua, namun saat ini juga menyerang usia muda atau remaja. Hal itu dikarenakan oleh gaya hidup, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Penyebab penyakit jantung heart

Makanan yang tidak sehat seringkali menjadi faktor risiko penyebab umum munculnya penyakit jantung. Solusinya, Anda harus menghindari makanan penyebab penyakit jantung untuk kesehatan jantung yang lebih baik. Sementara itu, makanan yang umum dikonsumsi oleh kebanyakan orang setiap harinya dikategorikan sebagai salah satu penyebab munculnya penyakit jantung.

Lalu, apa saja makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Ayam goreng

penyebab penyakit jantung chicken

Segala masakan dengan cara digoreng akan memunculkan lemak jenuh, yang akan meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. 4 potong ayam goreng restoran cepat saji mengandung 920 kalori, 63 gram lemak dan 350 mg kolesterol. Dada ayam goreng tanpa kulit adalah bagian dari tubuh daging ayam yang paling bergizi dan tentunya baik untuk dikonsumsi. Dada ayam goreng itu sendiri mengandung 120 kalori, 1.5 gram lemak dan 70 mg kolesterol. Jika menginginkan mengonsumsi daging ayam yang lebih sehat, dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus dapat menjadi solusinya.

2. Daging olahan

Penyebab penyakit jantung procc meat

Daging olahan seperi sosis, bakon, salami, dan hot dog memiliki lemak jenuh yang tinggi. Meskipun memiliki yang rendah lemak sekalipun biasanya akan mengandung tinggi garam.

3. Daging merah

penyebab penyakit jantung meat

Daging merah seperti daging sapi, daging kambing atau daging babi juga mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang mampu meningkatakan kolesterol dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Kentang goreng

Penyebab penyakit jantung french fries

Kentang goreng cenderung memiliki lemak dan garam yang tinggi. Mengonsumsi kentang goreng sekitar 2-3 kali dalam sehari berisiko tinggi untuk mengidap penyakit jantung.

5. Pizza dan burger

Makanan cepat saji ini masuk kategori ke dalam makanan yang dapat memicu penyakit jantung. Pizza merupakan salah satu kontributor terbesar yang menghasilkan lemak jenuh asupan makanan orang Amerika. Sebagian pizza bisa menjadi makanan yang menyehatkan jika pengolahannya benar. Namun, kebanyakan pizza diolah dengan jumlah sodium, lemak dan kalori yang tinggi.

penyebab penyakit jantung burger and pizza

Sedangkan burger pun demikian. Satu burger dengan ukuran yang besar mengandung 540 kalori, 29 gram lemak dan 1.40 miligram sodium (garam). Garam memang musuh bagi penderita hipertensi dan penyakit kardiovaskuler. Tekanan darah yang tidak terkontrol, dapat menyebabkan pembuluh arteri menjadi keras. Hal ini juga dapat memicu penyakit jantung.

6. Kue

penyebab penyakit jantung cookies

Beberapa kue yang dipanggang seperti kukis biasanya mengandung tinggi gula, lemak trans dan lemak jenuh (seperti mentega, margarine, dan minyak sawit). Makanan ini akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

7. Mie Instan

Penyebab penyakit jantung noodle

Makanan satu ini tentunya familiar di kalangan masyarakat. Meskipun enak dan cepat disajikan, jika sering mengonsumsi makan mie instan akan meningkatkan risiko perubahan metabolisme tubuh. Hal tersebut dikarenakan mie instan memiliki kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik. Orang yang mengidap sindrom metabolik akan cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, stoke, maupun diabetes.

8. Permen

Penyebab penyakit jantung candy

Kandungan utama yang dihasilkan permen adalah gula yang tidak sehat untuk tubuh. Dampaknya yaitu risiko kegemukan, diabetes, dan lemak yang menumpuk akan menyumbat pembuluh darah, sehingga akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

9. Es krim

Penyebab penyakit jantung ice cream

Makanan ini mengandung lemak dan gula tinggi yang dapat meningkatkan risiko diabetes yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

10. Nasi putih

Penyebab penyakit jantung rice

Nasi putih juga termasuk makanan tidak sehat jika dikonsumsinya berlebihan tidak sesuai porsinya. Hal itu dikarenakan nasi memiliki kadar gula yang tinggi.

11. Keju

penyebab penyakit jantung cheese

Sama halnya dengan nasi, keju juga tidak sehat jika dikonsumsinya berlebihan karena akan menimbulkan kegemukan dan pada akhirnya akan membahayakan kesehatan jantung.

Itulah makanan penyebab penyakit jantung yang perlu Anda hindari jika tidak menginginkan munculnya risiko penyakit jantung. Dengan menjaga pola hidup dan makanan yang sehat, Anda tentunya akan mengurangi risiko yang dapat memunculkan penyebab penyakit jantung dan membuat hidup Anda lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here