Home Fakta Unik 11 Manfaat Minum Air Putih dan Aturannya, Sebelum Tidur Justru Dilarang

11 Manfaat Minum Air Putih dan Aturannya, Sebelum Tidur Justru Dilarang

372
0
SHARE
manfaat minum air putih

Manfaat minum air putih – Air adalah komposisi yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh dan sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih adalah salah satu asupan yang sangat dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi sesuai aturannya. Fungsi utama mengonsumsi air putih adalah membuat tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Selain itu, air putih juga memiliki banyak manfaat yang belum tentu setiap orang mengetahuinya.

manfaat minum air putih drink

Rumornya, meminum air putih sebelum tidur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, antara lain membantu tubuh tetap terhidrasi selama tubuh beristirahat serta membantu usaha dalam menurunkan berat badan. Namun, ada anggapan bahwa minum air putih sebelum tidur merupakan hal yang perlu dihindari. Belum banyak orang yang mengetahuinya. Lantas, apa saja manfaat minum air putih bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan berat badan

Minum air terutama setelah bangun tidur dipercaya dapat membantu dalam menurunkan program diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air putih akan membuat perut kita merasa kenyang sehingga mengurangi porsi makan. Selain itu air putih juga akan melancarkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, sehingga cocok untuk yang sedang menjalani diet.

2. Meningkatkan kinerja atau fungsi otak

manfaat minum air putih otak

Otak manusia terbentuk dari 75-85 persen air. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, otak Anda akan terhidrasi dan meningkatkan konsentrasi, sehingga otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Otak yang terhidrasi, dapat memengaruhi kinerja otak seperti gangguan konsentrasi maupun suasana hati, serta dapat memicu sakit kepala.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat minum air putih dalam hal ini adalah untuk membantu melancarkan pencernaan. Jika tubuh kekurangan air atau dehidrasi, akibatnya menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, serta perut yang terlalu asam sehingga akan meningkatkan risiko sakit maag.

4. Membantu menjaga tekanan darah

Jika tubuh kekurangan air putih, dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal dan semakin mengental, sehingga aliran darah tidak lancar sebagaimana mestinya. Akibatnya, dapat meningkatkan tekanan darah.

5. Mencegah nyeri sendi

Sekitar 80% tulang rawan yang ada di sendi dan cakram tulang belakang mengandung air. Tulang ini berfungsi sebagai bantalan pada persendian. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi jangka panjang, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan menyebabkan sendi-sendi tubuh terasa nyeri. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat menghidari hal tersebut.

6. Menyehatkan dan untuk kecantikan kulit

manfaat minum air putih kulit

Kulit banyak mengandug air dan berfungsi sebagai pelindung unutk mencegah supaya tubuh tidak terlalu kehilangan banyak cairan. Saat dehidrasi, kulit dapat lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup akan menghindarkan kulit dari keriput dan penuaan dini.

7. Meningkatkan stamina dan mencegah dehidrasi

manfaat minum air putih dehidrasi

Beberapa ilmuwan mengatakan, kebutuhan air yang terpenuhi dapat meningkatkan kinerja selama melakukan aktivitas yang berat. Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi air putih dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Jika tubuh kehilangan cairan, dapat memengaruhi kebugaran pada tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah terutama saat berolahraga dan cuaca yang sedang panas.

8. Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60% dari berat tubuh. Air berperan sangat penting bagi organ tubuh dan dapat bekerja sangat baik. Cairan tubuh berperan dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

9. Mencegah dan mengatasi sakit kepala

Untuk sebagian orang, kurang mengonsumsi air putih dapat mengakibatkan terjadinya sakit kepala dan migrain. Oleh sebab itu, minum air putih yang cukup dapat membantu dalam meredakan kedua kondisi tersebut.

10. Mencegah kerusakan pada ginjal

manfaat minum air putih ginjal

Dengan minum air putih, fungsi ginjal yang dapat mengatur cairan yang ada di dalam tubuh. Ginjal menghasilkan urine yang kemudian akan membantu dalam melarutkan mineral di saluran kemih dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

11. Membantu melancarkan sistem pernapasan

Saat tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, akibatnya tubuh akan membatasi jalan pernapasan untuk meminimalisir tubuh kehilangan cairan. Pada sebagian orang, kondisi tersebut dapat menambah parahnya penyakit asma dan alergi.

Berapa banyak minum air putih dalam sehari?

Setiap harinya, kita perlu mengonsumsi air putih yang cukup, karena tubuh akan kehilangan cairan melalui berbagai proses yang terjadi seperti bernapas dan buang air kecil. Kebutuhan cairan pun berbeda pada pria dan wanita. Pria membutuhkan 3,7 liter cairan per hari atau setara dengan 13 gelas per hari. Sedangkan tubuh wanita membutuhkan 2,7 liter cairan per hari atau setara dengan 11 gelas per harinya.

Cairan yang dibutuhkan dalam tubuh tidak hanya didapatkan dari air putih saja, cairan dapat diperoleh dari minuman lain atau buah dan sayuran.

Benarkah rumor minum air putih sebelum dan sesudah tidur dapat sangat bermanfaat bagi tubuh?

  • Minum air putih setelah bangun tidur

Meminum segelas air putih setelah bangun tidur dipercaya dapat meluruhkan radikal bebas, dapat mencegah dehidrasi, dimana air putih memberikan energi alami dan memperbarui sel-sel dalam tubuh. Selain itu dapat menurunkn berat badan karena air yang diminum akan melancarkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Hal yang paling utama dan penting dari manfaat minum air putih setelah tidur adalah mampu mengaktifkan dan mempersiapkan organ internal bagi tubuh, dimana air akan membantu mengeluarkan racun sebelum waktu  sarapan.

Waktu yang paling tepat untuk meminum air putih setelah bangun tidur adalah 30 menit sebelum sarapan.

  •  Minum air putih sebelum waktu tidur

Dalam satu tetes air mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen. Dengan mengonsumsi air putih sebelum bangun tidur antara lain dipercaya dapat menurunkan berat badan,melindungi tubuh mengalami dehidrasi saat tidur, serta memperlancar detoksifikasi karena air akan membersihakn sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga akan membilas racun dan membersihkan urine.

Waktu yang paling tepat untuk meminum air putih sebelum waktu tidur adalah 30 menit sebelum tidur.

Namun, minum air putih sebelum waktu tidur ternyata dapat berbahaya bagi sebagian orang lho. Karena dapat meningkatkan risiko nokturia seeorang. Nokturia adalah peningkatan kebutuhan untuk merasa ingin buang air kecil pada malam hari. Selain itu, seseorang yang terganggu oleh nokturia dapat memiliki dampak yang signifikan pada kualitas hidup. Hal lain seperti sembelit, diabetes, infeksi pada kandung kemih, depresi juga dapat meningkatkan risiko nokturia. Nokturia sendiri dapat terjadi pada siapa saja dan pada usia berapa pun, namun lebih sering terjai pada orang tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here