Home Hidup Sehat Alami Susah BAB? Cobalah Konsumsi Buah Pelancar Pencernaan Ini

Alami Susah BAB? Cobalah Konsumsi Buah Pelancar Pencernaan Ini

275
0
SHARE
fruits-buah

Buah Pelancar Pencernaan – Setiap manusia pasti mengalami defekasi, yaitu suatu tindakan (proses) makhluk hidup untuk membuang kotoran (tinja) yang setengah padat maupun padat yang berasal dari sistem pencernaan makhluk hidup. Atau sering disebut dengan buang air besar (BAB).

Tentunya frekuensi buang air besar setiap orang pasti berbeda. Ada yang hanya sekali dalam sehari, ada juga dua hari sekali, bahkan tiga hari dalam sehari. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh menu dan kebiasaan makan sehari-hari, usia, serta tingkat aktivitas harian setiap orang. Namun, tidak jarang orang mengalami susah buang air besar. Susah buang air besar tentunya dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem pencernaan yang tidak lancar.

Sistem pencernaan berperan sangat penting untuk tubuh karena bertanggungjawab menyerap nutrisi dan membuang zat sisa makanan. Oleh karena itu, supaya pencernaan sehat dan lancar secara alami, dianjurkan mengonsumsi beberapa buah pelancar pencernaan  yang mengandung serat. Berikut adalah beberapa buah yang mudah ditemui.

  • Pepaya

pepaya-papaya

Pepaya merupakan buah tropis yang mengandung enzim papain , yang membantu proses pencernaan dengan menguraikan serat protein. Sehingga, dapat melancarkan masalah susah buang air besar.

  • Pisang

pisang.-bananajpg

Dengan kandungan serat yang tinggi, pisang dapat membantu mengembalikan fungsi pencernaan saat seseorang mengalami masalah buang air besar. Kematangan buah pisang juga dapat memberikan efek yang berlawanan. Pisang hijau (masih muda) dapat memicu sembelit, sedangkan pisang yang matang dapat melancarkan buang air besar karena buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding-dinding pada lambung dan usus.

  • Jeruk

jeruk-orange

Jeruk merupakan buah dengan sumber serat yang baik dan mengandung vitamin C. Satu buah jeruk dapat memenuhi 13% asupan serat harian karena mengandung 3,1 gras serat per buah. Oleh karena itu, dengan kandungan serat larut (pektin) dalam jeruk dapat membantu mengurangi sembelit atau pencernaan yang tidak lancar.

  • Apel

apel-apple

Selain jeruk, apel juga mengandung serat larut (pektin) yang dikenal dengan efek pencaharnya. Satu buah apel ukuran kecil mengandung 4 gram serat yang dapat membantu pembentukan feses dan melancarkan pencernaan.

  • Mangga

mangga-mango

Buah yang dikenal manis dan lezat ini juga mengandung serat dan vitamin C. Jika ingin melancarkan pencernaan, jangan mengonsumsi mangga dengan cara dibuat jus. Karena akan menghilangkan manfaat kandungan serat tersebut.

  • Anggur

anggur-grape

Buah anggur memiliki serat dan kandungan air yang sangat banyak, sehingga baik untuk pencernaan dan melancarkan buang air besar maupun sembelit. Anggur mengandung  asam organik sebagai pencahar alami.

  • Pir

pir-pear

Pir juga mengandung serat yang tinggi. Satu buah pir dengan ukuran sedang mengandung 6 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 24%. Buah pir juga mengandung sorbitol yang tinggi yang merangsang pergerakan pada usus. Kandungan fruktosa juga bertindak sebagai pencahar alami. Dengan kandungan yang dimiliki buah pir tersebut, dapat memperlancar sistem pencernaan.

  • Kiwi

kiwi

Buah kiwi dengan berat 100 gram mengandung 2-3 gram serat. Kandungan serat dan vitamin C yang tinggi dapat membantu massa tinja dan mempercepat aliran usus sehingga baik untuk dijadikan salah satu pilihan buah pelancar sistem pencernaan. Dengan kandungan enzim actinidine, buah kiwi dapat meningkatkan pergerakan saluran sistem pencernaan bagian atas.

Itullah beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar. Tentunya, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan buah yang masih segar dan secara rutin. Namun, jika kondisi sistem pencernaan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here