Home Fakta Unik Simak 10 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Simak 10 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

215
0
SHARE
mangosteeen skin

Manfaat Kulit Manggis – Tahukah Anda? Buah manggis yang memiliki banyak manfaat ternyata tidak jauh berbeda dengan khasiat pada kulitnya. Kulit manggis dipercaya berkhasiat dalam menangani berbagai macam kondisi terutama untuk kesehatan tubuh, dalam hal mencegah maupun menangani berbagai penyakit.

mangosteen skin 3

Kulit manggis memiliki zat yang dianggap penting dan berharga, yaitu zat Xanthones, zat yang menjadi bahan alami dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit kulit, tulang, sendi, hingga masalah psikis, dipercaya dapat diatasi menggunakan olahan dari kulit manggis ini. Sementara, Penelitian terbaru mengenai manfaat kulit manggis adalah adanya perusahaan obat yang memproduksi suplemen dari ekstrak kulit manggis.

Lalu, apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan?

1. Pewarna Alami

Kulit manggis mengandung pigmen warna yang sangat pekat, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis pewarna alami, yaitu warna merah atau ungu. Warna tersebut dapat diterapkan pada berbagai macam benda yang dapat menyerap warna, seperti kain.

2. Menjaga Sistem Kekebalan dan Imunitas Tubuh

Kulit manggis kaya akan vitamin C yang sangat berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Nutrisi yang terkandung akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang oleh penyakit. Bahkan, cangkang buah manggis ini pun memiliki senyawa yaitu anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus yang terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kulit manggis dipercaya dan sudah terbukti mampu menjaga kesehatan, karena mengandung senyawa Xanthones yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler, menyembuhkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, trombosit dan sebagainya.

4. Mencegah Peradangan atau Inflamasi

Peradangan dapat terjadi di luar maupun di dalam tubuh. Anda dapat mencegahnya dengan memanfaatkan kulit buah manggis ini, karena dipercaya dapat menjadi salah satu obat untuk mencegah dan mengatasi peradangan.

5. Mencegah Hipertensi dan Mengontrol Tekanan Darah

mangosteen skin 2

Kulit manggis dapat menjadi salah satu pilihan herbal dalam menurunkan tekanan darah serta mengontrol tekanan darah tinggi bagi Anda yang memiliki gangguan hipertensi atau darah tinggi.

6. Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, kulit manggis dapat menjadi salah satu solusinya. Selain itu, kulit buah manggis juga dapat mencegah berbagai macam masalah gangguan pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

7. Mencegah Kanker

Senyawa Xanthones dalam kulit manggis dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Kulit manggis juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah poliferasi sel kanker. Kandungan ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengidap kanker bersamaan dengan kemoterapi dan radioterapi.

Mengonsumsi teh kulit manggis dapat membunuh sel kanker, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit mematikan satu ini.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi kulit manggis dapat mengontrol kadar gula darah karena mengandung rendah kalori sehingga aman bagi pengidap diabetes. Selain itu, serat yang terkandung dalam kulit manggis dapat menjaga gula darah dalam tingkat yang normal. Kulit manggis ini mampu mengikat gula berlebih pada usus dan mencegah agar tidak menyerap ke dalam darah.

9. Menurunkan berat badan

Beberapa peneltian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan kulit manggis sangat baik bagi Anda yang sedang diet. Kulit manggis sendiri dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan nafsu makan.

10. Anti Bakteri

Sifat alami yang dianggap sebagai sifat anti bakteri pada buah manggis dimanfaatkan untuk membunuh bakteri-bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

11. Menghilangkan Jerawat

Kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan jerawat dan mencegah dalam pembentukan jerawat baru. Selain itu, dengan kandungan agen anti-mikroba dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

12. Sebagai Anti Aging dan Mencegah Penuaan Dini

Dengan kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal-radikal bebas, kulit manggis dapat digunakan sebagai anti aging serta mencegah penuaan dini yang menjadi permasalahan kulit wajah.

13. Membantu Regenerasi Kulit

Kandungan anti-inflamasi pda kulit manggis dapat membantu dalam proses regenerasi kulit. Dengan begitu, sel kulit yang sudah rusak akan cepat tergantikan dengan sel kulit yang baru.

14. Menghilangkan Flek Hitam dan Menghaluskan Kulit

Flek hitam atau bekas jerawat pada wajah sangat mengganggu pandangan mata. Anda dapat mengatasinya dengan perawatan secara rutin dengan kulit manggis, karena dipercaya dapat menghilangkan flek hitam hingga mencerahkan kult dengan kandungannya yang dapat meregenerasi kulit.

15. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Mata

Kulit manggis mengandung kalsium yang mampu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulangnya.

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam kulit manggis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, serta dapat mencegah kerabunan bagi lanjut usia.

Perlu diketahui, selain memngonsumsi dan meminum rebusan air kulit manggis, Anda juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga, serta mengonsumsi buah dan sayur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here