Home Hidup Sehat Yuk, Rutinkan Minum Air Putih di Pagi Hari

Yuk, Rutinkan Minum Air Putih di Pagi Hari

191
0
SHARE

Minum Air Putih di Pagi Hari – Air sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tidak hanya sebagai penghilang rasa haus, dengan minum air asupan cairan tubuh dapat terpenuhi. Hal ini dikarenakan sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, dan apabila kebutuhan tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Setidaknya dalam sehari, tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 2,5 liter atau setara dengan 8-10 gelas per hari.

Air berperan sangat penting di dalam tubuh, seperti :

  • Mengangktut nutrisi ke jaringan-jaringan tubuh
  • Mengangkut sampah atau sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh malalui keringat, pernapasan, urine, maupun feses
  • Medium berbagai reaksi kimia di dalam tubuh

drinking water

Mengapa minum air di pagi hari lebih baik?

Waktu yang baik untuk minum air putih adalah di pagi hari atau setelah bangun tidur, karena dapat membantu memulihkan cairan tubuh setelah semalaman istirahat dan tidak mengonsumsi air. Minum air putih di pagi hari atau setelah bangun tidur adalah cara yang paling sehat dan terbukti baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat dengan minum air putih di pagi hari?

Dengan minum air putih di pagi hari, tubuh akan mendapatkan manfaat seperti :

1. Tubuh Lebih Sehat

sehat

Minum air putih secara rutin di pagi hari atau setelah bangun tidur dapat mengganti cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi dan membantu meningkatkan sistem imunitas. Artinya, dengan terpenuhinya cairan tubuh akan semakin terindungi juga dari serangan penyakit.

2. Metabolisme Lancar

metbolisme lancar

Dengan metabolisme yang lancar, sangat penting bagi seseorang yang sedang melakukan penurunan berat badan. Selain itu, tubuh juga lebih mudah dalam mengeluarkan racun, sehingga melancarkan sistem pencernaan.

3. Badan Langsing

langsing

Bagi yang sedang diet, sangat dianjurkan minum air putih di pagi hari. Karena dapat mengurangi nafsu makan setelahnya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

skin healthy

Minum air putih saat perut kosong sebanyak 500 ml dapat meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi, bersinar dan terlihat awet muda.

5. Meningkatkan Produktivitas

produktif

Dengan minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa lebih segar, sehingga menjadikan seseorang lebih produktif. Namun, berikan asupan kalori juga dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sarapan, karena sangat penting sebagai sumber tenaga.

Awali hari dengan rutin minum air putih sebagai kebiasaan yang sederhana. Meskipun mudah dilakukan, namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Selain rutin minum air, imbangi juga dengan memenuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here