Home Berhenti Merokok 11 Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Jarang Diketahui

11 Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Jarang Diketahui

218
0
SHARE
bubble gum 2

Manfaat Mengunyah Permen Karet – Permen karet adalah permen yang memiliki tekstur kenyal yang dapat dibuat gelembung dengan cara meniupnya setelah dikunyah. Mengunyah permen karet sangat menyenangkan bagi banyak orang, terutama anak muda. Memiliki rasa yang manis, bertekstur lengket dan dapat dimainkan di mulut.

bubble gum

Mengunyah permen karet sering dianggap kebiasaan yang tidak sopan dan sisa permen karet dapat mengotori lingkungan dengan bahan yang tidak mudah terurai. Meskipun seperti itu, mengunyah permen karet memiliki manfaat yang jarang diketahui, lho. Nah, simak penjelasan manfaat mengunyah permen karet berikut.

1. Membantu Mengembalikan Mood Baik

Dengan mengunyah permen karet, membuat Anda lebih semangat, karena memunculkan rangsangan aliran darah dan air liur yang dapat mengubah suasana hati Anda. Selain itu, dengan sensasi rasa dan aroma dari permen karet, membuat Anda tersenyum.

2. Melindungi dan Memutihkan Gigi

teeth-bubble gum

Permen karet yang bebas gula yang dikunyah setelah makan dapat membantu meneralkan asam yang dapat merusak gigi. Namun, permen karet juga memiliki potensi efek sebaliknya pada gigi. Bagi Anda yang mengalami sakit pada rahang, disarankan untuk tidak mengunyah permen karet.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengunyah permen karet yang bebas gula dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Berbeda dengan permen karet yang memiliki rasa manis, justru memungkinkan dapat merusak gigi. Dengan mengunyah permen karet bebas gula sekitar 20 menit setelah makan secara rutin dapat membantu produksi saliva (air liur) dan efektif dalam menyingkirkan bakteri pada gigi.

4. Mencegah Gigi Berlubang

Karena produksi air liur yang dihasilkan dari mengunyah permen karet, hal ini dapat membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, dan membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

5. Mencegah Bau Mulut

bad breath-bubbble gum

Mengunyah permen karet dapat mencegah adanya bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan produksi air liur meningkat saat mengunyah permen karet sehinga menjaga mulut dan gigi bersih dari bakteri penyebab bau mulut. Dengan begitu, Ada akan terhidar dari bau mulut.

6. Mengatasi Stres dan Rasa Cemas

Mengunyah permen karet dapat mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicu stres dan rasa cemas. Selain itu, juga dapat memberikan efek menenangkan serta mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

7. Meningkatkan Konsentrasi

focus-bubble gum

Mengunyah permen karet selama beraktvitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut mencakup kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan dalam mengambil keputusan sehingga konsentrasi akan lebih meningkat dan fokus. Para pakar meyakini bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, jika aliran darah memadai maka orak dapat bekerja secara optimal.

8. Mengatasi Mual

Penilitian terbaru mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengatasi rasa mual. Bahkan disebutkan jika permen karet lebih ampuh sebagai obat mual. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat dan mampu mengubah liur dari asam ke basa, serta membuat Anda akan lebih sering menelan. Hasilnya, asam lambung akan menjadi netral.

9. Membuat Wajah Berseri

radiant face-bubble gumSelain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, mengunyah permen karet ternyata dapat berperan dalam hal kecantikan. Dengan mengunyah permen karet, membuat wajah Anda lebuh berseri dan terlihat lebih segar secara alami. Hal ini karena mengunyah sama saja dengan Anda melakukan senam wajah sehingga membuat alran darah pada wajah menjadi lebih lancar.

10. Menurunkan Berat Badan

Dengan rutin mengunyah permen karet, Anda cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit saat makan siang. Hal tersebut dikarenakan mengunyah permen karet dapat membuat nafsu makan lebih terkontrol. Selain itu, keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan ringan juga lebih berkurang, sehingga sangat mendukung Anda yang sedang menjalani program diet.

11. Mengatasi Kecanduan Tertentu

Jika Anda sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokok atau mengonsumsi kafein seperti kopi, mengunyah permen karet adalah solusinya. Hal ini karena dengan Anda mengunyah permen karet, dapat membantu mengurangi hasrat ingin merokok atau minum kopi.

smoking-bubble gum

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan. Disarankan untuk mengonsumsi permen karet yang bebas gula supaya manfaat yang disebutkan di atas dapat terjadi. Anda juga perlu mengatur pola makan dan jangan lupa rutin olahraga supaya badan tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here