Home Alergi Garam dapat Mengobati Nyeri Sakit Gigi, Benarkah?

Garam dapat Mengobati Nyeri Sakit Gigi, Benarkah?

243
0
SHARE
garam

Mengobati Nyeri Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman di dalam atau sekitar gigi bagi yang mengalaminya. Karena terlalu nyeri dan menyakitkan, bahkan bisa mengganggu aktifitas harian jika tidak segera diobati. Sakit gigi dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, dan nyeri yang ditimbulkan dapat berkisar dari ringan hingga parah.

sakit gigi

Ada beberapa faktor penyebab sakit gigi, mulai dari memiliki gigi yang berlubang, tumbuh gigi, penyakit pada gusi (gusi bengkak), infeksi, gigi retak, dan lain sebagainya. Umumnya, pengidapnya akan kesusahan untuk membuka mulut lebar-lebar karena terjadi pembengkakan gusi. Oleh karena itu, proses menggigit dan mengunyah makanan akan terasa sulit dilakukan.

Salah satu cara yang alami untuk mengobati nyeri sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Cairan kumur ini dibuat dengan segelas air hangat yang dicampurkan dengan garam, kemudian berkumurlah selama sekitar 30 detik.

Alasan air garam dapat mengobati nyeri sakit gigi

Dilansir dari Best Toothache Care, bakteri dapat berkembang dari lingkungan yang sedikit asam ke area yang sangat asam.

air garam

Berkumur dengan larutan air garam sudah lama dipercaya dapat mengobati nyeri akibat sakit gigi, karena dapat meningkatkan pH pada mulut ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, berkumur dengan air garam juga direkomendasikan untuk mengurangi peradangan setelah cabut gigi karena dapat menjadikan jaringan yang membengkak menjadi menyusut dan mencegah infeksi.

Hal ini dikarenakan senyawa alami dari larutan air garam efektif membuat lingkungan mulut menjadi basa, sehingga air garam bekerja mengubah kondisi mulut menjadi kering dan tidak kondusif sebagai tempat tinggal dan pertumbuhan bakteri penyebab sakit gigi. Namun, tidak disarankan untuk penggunaan jangka waktu yang lama, karena dapat merusak enamel gigi karena bersifat basa.

Selain dapat mengobati nyeri sakit gigi, larutan air garam dapat mengurangi permasalahan kesehatan mulut lainnya, seperti peradangan setelah cabut ggi, menyembuhkan luka pada mulut, dan bau mulut.

Sebaiknya, periksakan kesehatan mulut Anda secara rutin ke dokter spesialis untuk menghindari munculnya permasalahan pada mulut yang dapat mengganggu aktifitas harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here