Home Alergi Sering Buang Air Besar? Inilah 5 Cara Mengobati Penyakit Diare

Sering Buang Air Besar? Inilah 5 Cara Mengobati Penyakit Diare

86
0
SHARE
mengobati diare

Mengobati Penyakit Diare – Pernahkah Anda mengalami penyakit diare selama berhari-hari (akut) bahkan sampai berminggu-minggu (kronis)? Rasanya pasti sangat tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas harian. Terlebih lagi, jika harus bolak balik ke kamar kecil untuk buang air. Jika diare yang dialami terlalu lama, sebaiknya  harus segera mendapat tindakan pemeriksaan medis.

mengobati diare 2

 

Gejala dan penyebab diare secara umum berasal dari virus, bakteri dan parasit yang terdapat pada makanan dan minuman yang jika mengonsumsinya si penderita akan merasakan perut mulas dan keinginan untuk buang air besar terlalu sering. Tidak hanya itu, diare juga menyebabkan badan terasa lemas, pusing kepala, bahkan dehidrasi.

mengobati diare 4

Banyak yang menyepelekan masalah pencernaan satu ini. Namun, jika tidak segera diatasi diare akan lebih parah dan memperburuk kondisi penderitanya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit diare terutama bagi Anda yang tidak ada waktu untuk memeriksakan ke dokter.

1. Banyak Minum Air

Ketika mengalami penyakit diare, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan hal yang sangat penting. Perbanyaklah mengonsumsi air supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Jika penderita kekurangan cairan dan dehidrasi, hal tersebut dapat memperparah keadaannya. Usahakan mengonsumsi air minimal 8 gelas  atau 2 liter per hari.

2. Makan Makanan yang Berserat Rendah

Selain menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, Anda juga tidak diperbolehkan makan makanan sembarangan. Konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat namun berserat rendah supaya makanan mudah dicerna dan diserap oleh perut. Sehingga usus akan bekerja mengolah makanan dengan ringan.

Makanan yang berserat rendah diantaranya nasi merah, daging ayam tanpa kulit (dada), saus apel, buah pisang, roti tawar, selai kacang, atau kentang.

3. Hindari Makanan yang Memperparah Diare

Makanan pedas, gorengan, kopi, atau yang mengandung pemanis buatan (seperti permen, minuman kemasan, dll) memang terasa nikmat. Namun, jika Anda mengalami diare harus menghindari makanan tersebut karena tidak mudah dicerna dan diserap dengan baik.

Adapun makanan yang harus dihindari selama diare seperti brokoli, kubis, jagung, sayuran berdaun hijau, alkohol, paprrika, kacang polong, atau buncis. Makanan tersebut mengandung gas yang dapat memperparah kondisi perut dan menjadikan kembung dan mual.

4. Mengonsumsi Probiotik

Penyakit diare terkadang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Maka, konsumsi makanan probiotik atau bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan membantu sistem imun bekerja secara efektif, seperti keju, cokelat hitam, tempe, atau yogurt.

5. Minum Obat Diare

mengobati diare 3

Anda juga dapat mengonsumsi obat diare yang dijual di apotek atau toko obat , seperti Bismuth Subsalisilat atau Loperamide yang dapat mengurangi keluhan diare ringan. Namun, jika mengalami diare kronis, sebaiknya segera konsultasikan dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here