Home Bahaya Makanan Amankah Sayuran dan Buah Berpestisida?

Amankah Sayuran dan Buah Berpestisida?

2
0
SHARE
Sayuran dan Buah Berpestisida

Sayuran dan buah merupakan kebutuhan konsumsi sehari – hari bagi masyarakat. Adapun beberapa jenis sayuran dan buah – buahan yang tersedia di pasaran, yaitu sayuran dan buah – buahan yang di tanam secara organik, ada pula yang tumbuh dengan bantuan bahan kimia pestisida, lalu amankah sayuran dan buah berpestisida.
Pestisida singkatnya merupakan bahan kimia pembasmi hama yang digunakan untuk tanaman atau perkebunan buah dan sayur, dengan diterapkannya zat kimia pestisida untuk pertubuhan buah atau sayuran maka akan tumbuhan tersebut akan tumbuh secara subur tanpa adanya gangguan dari hama.

Namun menurut studi terbaru menganalisa efek sayuran dan buah berpestisida bagi kesehatan. Sebuah penelitian menganalisis data dari 137.378 wanita dan 23.502 pria. Dari jumlah tersebut tidak ada satupun partisipan yang memiliki penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes di awal penelitian.

Sayuran dan Buah Berpestisida

Hasil dari kuesioner terkait dengan asupan sayuran dan buah dan juga menggunakan data penggunaan pestisida USDA, hasilnya, orang dengan porsi makan sayur dan buah yang rendah residu pestisida per hari memiliki risiko kematian 36% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melaporkan makan kurang dari 1 porsi/buah. Ini termasuk penurunan risiko kematian dari penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes dan penyakit pernapasan.

Meski begitu peneliti masih belum menemukan bukti bahwa asupan sayuran dan buah berpestisida yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dini.
Mengonsumsi buah dan sayuran merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kandungan pestisida yang ada pada sayuran dan buah dengan cara:

  1. Gosok permukaan buah atau sayur lalu bilas dengan air bersih
  2. Rendam buah atau sayuran ke dalam soda kue atau air garam, cara ini dapat menurunkan tingkat kandungan pestisida yang ada
  3. Biasanya zat pestisida menempel pada permukaan luar, kita bisa mengupas atau membuang lapisan terluar dari sayuran atau buah untuk menghindari pestisida.

Di pasaran tersedia banyak sekali buah dan sayuran namun masalahnya tidak ada jaminan apakah saat tumbuh menggunakan pestisida atau tidak, adapun beberapa penjual yang menjamin bahwa sayuran dan buah yang dijual merupakan buah dan sayuran organik, apabila memungkinkan kita bisa menanam sendiri buah atau sayuran di depan atau belakang rumah kita, bisa juga menggunakan media polybag, dengan begitu kita bisa menjamin keorganikan dari sayuran dan buah yang kita konsumsi, meskipun tidak menggunakan pestisida juga memberikan tantangan tersendiri untuk perawatan khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here