Home Fakta Unik Mengapa Pisang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Mengapa Pisang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

156
0
SHARE
Pisang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Buah-buahan termasuk ke dalam prinsip empat sehat lima sempurna, untuk itu buah-buahan selalu tersedia di rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh, mulai dari buah-buahan dengan jenis yang musiman dan harga yang mahal hingga buah yang selalu tersedia dan harga yang murah.

pisang yang menjadi favorit oleh banyak orang, selain rasanya yang manis dan lezat pisang juga mudah didapat dan cukup terjangkau dari segi harga, selain itu pisang juga memiliki banyak jenis untuk segala macam kebutuhan, untuk di makan langsung atau untuk olahan kue dsb.

Namun tahukah kami mengapa pisang tidak boleh disimpan di kulkas?, menyimpan buah pisang di kulkas ini biasanya dilakukan agar buah pisang tetap segar dan awet. Mungkin Anda menyadari setelah menyimpan pisang beberapa hari di kulkas, ada perubahan yang terjadi pada kulit pisang, yaitu warna kulit pisang yang berubah menjadi kecokelatan. Sebenarnya apa saja yang terjadi jika kita menyimpan pisang di dalam kulkas dan mengapa pisang tidak boleh disimpan di kulkas?.

Seorang ahli fisiologi di University of Florida, Jeffrey Brecht, menyarankan untuk tidak menyimpan pisang di kulkas, menurutnya pisang merupakan buah tropis yang sensitif terhadap suhu dingin.

“Bahkan pada kondisi suhu di bawah 14 derajat celcius biasanya terjadi saat subuh, hal itu dapat mempengaruhi pisang dan umumnya kulkas diatur pada suhu sekitar 1 hingga 5 derajat cecius” ungkap brecht mengutip dari Best Food Facts.

Pengaruh suhu terhadap ini cukup memperjelas mengapa pisang tidak boleh disimpan di kulkas yaitu selain suhu dingin yang dapat mengubah tampilan pisang menjadi tampak lebih gelap dan terlihat kurang menarik, suhu dingin ini menyebabkan hilangnya aroma pisang sehingga dapat mengurangi kenikmatan saat disantap. Selain itu menurunnya kandungan nutrisi seperti kandungan vitamin C yang ada pada pisang.

Adapun sumber lain dari Independent, gelap nya kulit pisang ini disebabkan oleh paparan suhu dingin yang mempengaruhi dinding sel pisang, sehingga enzim pencernaan buah keluar dari sel dan terjadi gelap pada kulit pisang.

Pisang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Bagaimana cara menyimpan pisang?

Menurut Brecht, Untuk pisang yang akan diolah Anda bisa menyimpan pisang di kulkas tepatnya di freezer. Yaitu dengan cara mengupas terlebih dahulu lalu dihaluskan bersama dengan sedikit perasan lemon, dengan menambahkan perasan lemon ini akan mencegah adonan pisang berubah kecokelatan, adonan tersebut lalu dimasukkan ke dalam kotak plastik khusus untuk freezer.

Namun untuk kasus pisang yang sudah terlanjur menghitam di kulkas, Anda masih tetap bisa memanfaatkan. Pisang yang sudah berubah warna ini masih bisa diolah untuk pai krim pisang menurut juri Masterchef US, Christina Tosi dari milk bar.

Sedangkan untuk pisang yang hendak dikonsumsi secara langsung sebaiknya disimpan di suhu ruangan saja, hanya saja sebaiknya pisang segera di konsumsi karena pisang tergolong buah yang cepat matang atau cepat membusuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here