Home Bahaya Makanan Apakah Micin Sehat untuk Sehari – Hari

Apakah Micin Sehat untuk Sehari – Hari

3
0
SHARE
Apakah Micin sehat

Micin atau monosodium glultamat disingkat MSG, merupakan bahan makanan yang sudah sejak dulu menemani dan memberikan rasa ke lima yaitu umami atau lezat, namun apakah micin sehat untuk di konsumsi sehari – hari.

Seiring meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, beberapa waktu lalu sempat cukup ramai dibicarakan akan dampak negatif dari micin atau msg, meskipun belum terbukti secara penelitian.

Micin atau MSG ditemukan pada tahun 1908 oleh Ikeda Kukunae  seorang ilmuwan berasal dari Jepang. Selanjutnya Ikeda bekerja sama dengan Suzuki Chemical Compay yang memasarka MSG dengan merek yang kemungkinan sudah familiar ditelinga Anda yaitu Aji-No.-Moto. Pemasarannya lalu menyebar ke seluruh Asia seiring dengan kolonialisme Jepang. Di Indonesia sendiri ada dua merek micin yang pertama kali masuk yaitu Sasa an Aji-No-Moto, dan kini sudah tersedia banyak jenis MSG yang telah diversifikasi oleh produsen untuk memikat konsumen
Lalu apakah micin sehat untuk dikonsumsi?, Apakah micin dapat menurunkan tingkat intelektual?,

Stigma MSG

Awal mula stigma terhadap micin ini bermula pada tahun 1968, seorang dokter asal Amerika Ho Man Kwok, menulis sebuah jurnal pada tahun 1968, ia menceritakan bahwa ia merasa lemas dan sakit kepala setelah makan di restoran Mandarin, Setelah kejadian itu muncullah istilah Chinese Restaurant Syndrom.

Selain itu juga ada pandangan negatif dari paakr gizi dari washington University Schoolof Medicine bernama W. Olney pada tahun 1969, menemukan kerusakan fungsi otak pada tikus yang terpapar MSG dosis tinggi, tikus tersebut mengalamai obesitas dan kemandulan.

Adapun penelitian dari Internasional Food Information Council Foundation yang berbeda pendapat, ia mengatakan dosis pada penelitian tersebut tidak mewakili konsumsi MSG manusia dan metode yang dilakukan tidak tepat yaitu melalui suntikan, sebab manusia mengonsumsi MSG melalui mulut dan dan bukan suntikan.

Apakah Micin sehat

Bagaimana MSG diproses?

MSG atau micin ini diolehah dari bahan dasar (tetes tebu ataau tapioka) lalu kombinasikan dengan glutamic acid dan difermentasi dengan bantuan mikro organisme yang memproduksi glutamic acid, Isolasi untuk memisahkan glutamic acid yang berbentuk kristal dari aciran fermentasi lalu dicampurkan dengan sodium hydroxide yang kemudian mengahsilkan monosodium glutamate (MSG).
Beberapa ilmuwan dari Indonesia mengatakan bahwa konsumsi MSG atau micin itu aman asalakan dengan takaran yang tidak berlebihan, karena jika berlebihan akan menimbulkan masalah seperti kekurangan mikronotrien seperti vitamin C dan E, magnesium, kron, dan Zink, menurut Ahli gizi RS Ponodok Indah Jakarta, Diana Suganda.

Lalu berapa porsi micin yang sehat?

Untuk menjawab pertanyaan apakah micin sehat ini kita harus ketahui bahwa batas konsumsi yang disarankan bagi orang dewasa yakni kurang dari 120 mg/kg berat badan per hari atau sekitar 7 gram. Sedangkan bayi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi MSG.
Sebuah otoritas keamanan makanan eropa (EFSA) menganjurkan untuk mengonsumsi MSG harian secara wajar yaitu maksimal 30 mg/kg berat badan dalam sehari nya.
Adapun badan POM Amerika Serikat mempublikasikan klarifikasi bahwa MSG sebagai bahan yang aman dikonsumsi, MSG atau micin ini sama amannya seperti gula, backing soda, dan cuka.

Apa pengganti Micin?

Rasa umami yang ada pada MSG sebenarnya juga ada pada jenis makanan laiin yaitu kentang, jagung, tomat, jamur, dan juga olahan seperti kecap, dan keju permesan.
Micin memang memiliki cita rasa yang lezat, mie ayam dan bakso tanpa micin mungkin rasanya kurang nikmat, namuun perlu diperhatain ya jumlah konsumsi hariannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here