Home Bahaya Teknologi Ini Dia Bahaya Tidur Dekat Handphone

Ini Dia Bahaya Tidur Dekat Handphone

12
0
SHARE
bahaya tidur dekat handphone

Ponsel atau handphone (hp) biasa disebut juga telephone genggam merupakan sebuah perangkat komunikasi yang hampir pasti dimiliki setiap orang sekarang, alat nirkabel ini memiliki banyak jenis, mulai dari yang hanya bisa digunakan untuk telephone dan sms, hingga yang bisa digunakan untuk internet dan hal lainnya. Saking dekatnya hp bagi hidup kita, kebanyakan orang menggunakan mulai saat bangun tidur hingga saat hendak tidur lagi, entah mengecek notifikasi atau bahkan bermain gim dan hal lainnya.

bahaya tidur dekat handphone

Tidak jarang orang yang lupa atau bahkan secara sengaja menaruh hp berdekatan saat sedang tidur, tahukah kamu ada bahaya tidur dekat handphone yang bisa mengancam kesehatan kita, simak beberapa risiko yang bisa terjadi pada tubuh.

bahaya tidur dekat handphone

  1. Gangguan tidur Insomnia

Bahaya tidur dekat handphone yang pertama ini mungkin yang paling banyak dialami orang secara umum, kebiasaan menggunakan handphone sebelum tidur mata akan terkena sinar biru dari layar hp yang mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Terlebih lagi setelahnya meletakkan berdekatan saat tidur ini dapat mengganggu dan menurunkan kualitas tidur karena bunyi – bunyian yang dihasilkan dari aktivitas hp tersebut.

  1. Risiko Kanker

Melansir dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Bioinitialative pada tahun 2012 menyatakan bahwa dengan menggunakan hp selama 10 tahun dapat menyebabkan tumor. Pada saat beraktivitas selalu membawa handphone ditambah lagi saat tidur juga berdekatan yang mana ini berarti selalu terkena radiasi RF dari hp, hal ini dapat berisiko pada berkembannya tumor pada otak. Selain itu, berdasarkan studio lain yang dilakukan beberapa ilmuan dari Israel menemukan bahwa paparan radiasi hp ini dapat meningkatkan tumor ganas kelenjar parotis di sisi wajah. Tumor parotis adalah sejumlah tumor yang langka yang biasa muncul pada usia 50 tahun ke atas. Berdasarkan fakta sejak tahun 2001, terdapat beberapa kasus tumor parotis yang dialami orang dengan usia di bawah 20 tahun

  1. Merusak Sel Otak

Bahaya tidur dekat handphone berikutnya ini yaitu risiko merusak otak. Menurut ilmuwan kesehatan lingkungan Dr. Devra Davis memgatakan bahwa paparan radiasi dari hp dapat menyebabkan kerusakan pada sel – sel pada otak, terlebih pada anak memiliki risiko lebih besar, hal ini dikarenakan pada anak – anak 50% lebih mudah menyerap gelombang elektromagnetik dari pada orang dewasa. Pada anak – anak memiliki tengkorak yang lebih tipis sehingga gelombang elektromagnetic akan lebih mudah untuk menembus ke otak. Beberapa penyakit akibat radiasi ini antara lain tumor otak, Alzheimer, Autisme, bisa juga pada perubahan perilaku mereka.

  1. Gangguan Kesuburan

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian seperti yang dilakuakn oleh Universitas Queen di Kanada dan studi oleh Medical university of Graz di Autria, melaporkan bahwa

  • Menurunnya hormon Luteinizing (LH), hormon yang berfungsi untuk reproduksi penting yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis.
  • Radiasi yang dihasilkan dari handphone juga bisa membuat produksi jumlah hormon testosteron lebih tinggi dari seharusnya.
  1. Keguguran

Bahaya tidur dekat handphone berikutnya adalah risiko keguguran kandungan. Melansir dari jurnal Epidemiologi yang menyatakan bahwa paparan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh handphone ini dapat meningkatkan risiko keguguran bagi wanita hamil. Apabila setiap organisme yang hidup dan memiliki sel – sel ini dikelilingi oleh medan elektromagnetik dalam waktu yang lama akan risiko yang lebih besar akan keguguran, karena beberapa organ tubuh seperti otak miliki medan magnet tersendiri yang berperan penting untuk pembelahan sel sangat cepat dan diferensiasi terjadi pada janin.

Dengan adanya risiko yang tidak bisa dianggap remeh ini meletakkan handphone berdekatan saat kita tidur sangat tidak disarankan, selain itu pembatasan penggunaan handphone yang terlalu lama juga sebaiknya dikurangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here