Home Kecantikan Ini yang Terjadi Jika Mencabut Bulu Hidung

Ini yang Terjadi Jika Mencabut Bulu Hidung

13
0
SHARE
mencabut bulu hidung

Mencabut bulu hidung adalah salah satu upaya untuk menjaga penampilan bagi sebagian orang, Karena bulu hidung yang panjang apalagi sampai terlihat keluar cukup membuat risih terlebih bagi kaum hawa. Oleh karenanya tidak sedikit orang yang memilih untuk mencukur atau bahkan mencabutnya.

mencabut bulu hidung

Namun tahukan kamu ternyata mencabut bulu hidung ini juga memiliki risiko loh. Yuk simak ulasan berikut.

Fungsi Bulu Hidung

Tuhan menciptakan semua pada tubuh kita dengan fungsinya masing – masing. Hingga bulu hidung juga memiliki fungsi yang mungkin kita tidak ketahui. Sebelum kita mencabut bulu hidung ada baiknya untuk ketahui terlebih dahulu apa fungsi bulu hidung.

Silia atau biasa kita sebut bulu hidung merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh dalam sistem pernafasan, bulu hidung memberikan perlindungan terhadap udara yang masuk ke paru – paru. Bulu hidung berperan untuk menyaring partikel – partikel kecil yang masuk menuju paru – paru. Partikel kecil yang mengancam kesehatan seperti debu, bakteri, jamur dan lainnya. Bulu hidung yang dibantu oleh lendir mampu memerangkap partikel jahat tersebut.

Pada saat kita bersin itu disebabkan karena adanya partikel jahat yang berhasil masuk ke dalam saluran pernapasan, hal itu merupakan bagian dari mekanisme tubuh untuk menjaga kesehatan. Jadi sebenarnya bulu hidung mengurangi risiko adanya partikel jahat untuk masuk ke dalam tubuh. Jadi apabila bulu hidung dicabut maka risiko partikel jahat masuk ke dalam saluran pernafasan akan lebih besar dan menyebabkan gangguan kesehatan dan menyebabkan mudah sakit dan risiko penyakit pernafasan seperti asma dsb.

Bahaya mencabut bulu hidung

Mungkin secara estetika bulu hidung yang terlalu panjang tidak terlihat menarik, namun ada risiko dibalik mencabut bulu hidung, antara lain pada area sekitar mulut dan hidung termasuk pada kelompok area rawan atau disebut dengan “danger triangle”. Pada wajah terdapat banyak sekali saraf yang langsung terhubung pada otak, dampak buruk dari mencabut bulu hidung ini juga berhubungan dengan otak, pembuluh darah balik atau vena akan bercampur darah dari hidung serta darah yang berasal dari otak, Sehingga akan membuat bakteri yang berasal dari hidung akan dengan mudah masuk melalui pembuluh darah tersebut.

Dengan terlalu sering mencabut bulu hidung akan meningkatkan risiko masuknya bakteri atau partikel jahat lainnya ke dalam saluran menuju otak dan dapat menyebabkan infeksi yang mematikan seperti meningitis dan abses otak.  Meskipun hal tersebut jarang terjadi namun dapat berisiko bagi orang yang memiliki imun yang lemah.

Atau setidaknya risiko ringan yang bisa dialami akibat mencabut bulu hidung antara lain mimisan dan pendarahan dalam hidung.

Cara aman menghilangkan bulu hidung

Apabila bulu hidung sudah dirasa harus dilakukan, adapun cara aman menghilangkan bulu hidung.

mencabut bulu hidung

  1. Trimming

Sebuah teknik mencukur bulu hidung dengan menggunakan alat khusus, dari pada mencabut bulu hidung yang beberapa banyak risiko, lebih baik untuk mencukurnya secara berkala, cukur secukupnya sehingga tidak terliat mencuat keluar. Pastikan juga untuk menggunakan alat cukur yang bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri. Lakukan berkala saat bulu sudah mulai memanjang kembali

mencabut bulu hidung

  1. Gunting Cukur

Apabila tidak punya alat cukur khusus, Anda juga bisa menggunakan gunting cukur biasa, namun perlu ekstra hati – hati, karena ukuran gunting yang cukup besar. Pastikan juga gunting higienis dan tidak ada kuman. Cara ini bisa dilakukan berkala saat bulu hidung mulai panjang lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here