Home Kekebalan tubuh Musim Pancaroba Penyebab Beberapa Penyakit, Mengapa Bisa Terjadi?

Musim Pancaroba Penyebab Beberapa Penyakit, Mengapa Bisa Terjadi?

14
0
SHARE
musim pancaroba

Musim pancaroba penyebab beberapa penyakit, mengapa bisa terjadi?

Selain musim hujan dan musim kemarau, masyarakat Indonesia sering menyebut istilah musim pancaroba yaitu peralihan antara kedua musim tersebut, biasanya terjadi pada bulan Maret sampai bulan April dimana pada bulan tersebut merupakan peralihan musim hujan ke musim kemarau, juga pada bulan Oktober hingga Desember yang mana merupakan peralihan musim hujan ke musim kemarau. Pada umumnya peralihan musim ini banyak memberikan dampak negatif bagi masyarakat, musim pancaroba penyebab beberapa penyakit.

Perubahan pada alam saat terjadi pancaroba ditandai dengan adanya angin kencang, hujan yang turun secara tiba – tiba dalam waktu yang singkat, timbulnya angin puting beliung, udara yang terasa panas, serta angin yang tidak teratur.

Pada musim pancaroba ini beberapa penyakit sering menghinggapi masyarakat, mengapa bisa begitu? Dan apa saja penyakitnya?, simak ulasan berikut ini.

asma musim pancaroba

1. Asma

Tidak sedikit orang yang sensitif dengan udara dan berakibat kepada penyakit asma. Penyakit asma ini biasanya terjadi saluran udara yang mengalami peradangan karena suhu sekitar rendah dan udara yang dingin masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin.

Hal tersebut mengakibatkan peradangan pada tenggorokan, hal tersebut bisa bertambah buruk jika penderita melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga di ruang terbuka,

Pertukaran udara yang cepat karena aktivitas yang berat tidak sempat dihangatkan oleh tubuh akibatnya meningkatkan risiko inflamasi atau radang.

Asma pada umumnya dipicu oleh adanya sebuk sari, angin kencang dan badai saat pancaroba memperburuk keadaan.

Melansir dari jurnal Allergy mengatakan, angin terutama pada saat badai dapat membawa serbuk sari dari tanah dan menyebabkan banyak penderita asma yang perlu perawatan dokter.

sakit kepala musim pancaroba

2. Sakit Kepala

Penyakit yang biasa hadir saat pancaroba ini salah satunya adalah sakit kepala, Perubahan cuaca ini mempengaruhi tekanan udara, kenaikan signifikan kelembaban udara memicu sakit kepala atau migrain.

Pada situasi pancaroba yang lebih ekstrim lagi yaitu saat cuaca terlalu panas karena matahari dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi yang ada pada otak, hal tersebut kemudian mengakibatkan sakit kepala. Lebih buruk lagi cuaca tersebut dapat mempersempit pembuluh darah sehingga menghambat suplai darah menuju otak.

flu musim pancaroba 2

3. Pilek atau Flu

Penyakit pancaroba yang satu ini merupakan jenis penyakit yang sangat sering diderita banyak orang, meskipun tergolong penyakit ringan namun penularan sangat cepat. Melansir dari Yale University bahwa penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembangan lebih cepat, hal ini diperparah lagi dengan suhu yang dingin memicu perubahan pada sistem imun tubuh. Perubahan suhu lingkungan ini mengakibatkan molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus dalam sel tidak sensitif dan akhirnya virus flu dapat menyerang.

Udara dingin akibat pancaroba ini juga dapat menghambat kinerja protein khusus dalam tubuh yang berfungsi untuk mematikan gen yang berasal dari virus dan menghambat perkembangan virus dan membunuh sel yang sudah terinfeksi virus.

Virus yang masuk ke dalam sel di daerah nasal fossa (daerah sambungan dari lubang hidung yang terletak di tengah wajah) akhirnya akan berkembang biak dan menyebabkan sistem imun tubuh tidak bekerja dengan baik.

Saat musim pancaroba yang menjadi penyebab beberapa penyakit sebaiknya kita siapkan imun tubuh kita agar tetap sehat dengan cara memakan makanan bergizi, sayuran dan buah – buahan yang kaya akan vitamin, serta mencukupi asupan vitamin C.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here