Home Hidup Sehat 12 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

12 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

42
0
SHARE
cover

Menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat adalah cara utama untuk melindungi diri dari penyakit. Karena apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, maka akan rentan terserang berbagai penyakit. Imunitas tidak dapat bekerja dan berdiri sendiri dalam sebuah sistem. Maka agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal, dianjurkan melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan, yaitu mengonsumsi sumber nutrisi peningkat sistem imun tubuh.

Imun

Untuk melawan berbagai jenis infeksi bakteri maupun virus, tubuh memang memerlukan berbagai jenis nutrisi. Namun, perlu diingat bahwa nutrisi tidak hanya berasal dari sayur dan buah saja. Ada berbagai jenis makanan penuh nutrisi yang memiliki manfaat sebagai peningkat sistem imun tubuh.

Apa saja makanan penuh nutrisi tersebut?

1. Jeruk

jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang sangat banyak dicari sebagai sumber daya tahan tubuh, terutama ketika terserang flu. Karena vitamin C dapat membantu seseorang pulih lebih cepat saat terserang flu. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh, yang merupakan kunci melawan infeksi. Dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka perlunya mengonsumsi makanan bervitamin C setiap hari untuk kesehatan berkelanjutan.

2. Brokoli

brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin (A,C, dan E), mineral, serat, dan zat antioksidan lainnya sehingga sangat menunjang untuk sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengolah dengan sederhana, seperti mengukusnya.

3. Susu

susu

Segelas susu sapi mengandung vitamin D, vitamin A, dan seng. Dimana kandungan tersebut baik untuk sistem imun. Apabila memiliki intoleransi laktosa, Anda dapat mengganti susu sapi dengan susu almond yang juga baik untuk sistem imun karena mengandung vitamin E dan lemak sehat.

4. Yoghurt

yoghurt

Sudah banyak dikenal, bahwa yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Probiotik tersebut juga mengandung vitamin E, vitamin A, dan seng.

5. Daging Sapi

daging sapi

Satu porsi daging sapi dapat memenuhi kebutuhan seng harian. Seng sendiri sebagai faktor pendamping untuk berbagai reaksi kimia yang dapat memperkuat sistem imun. Apabila tidak dapat memakan daging, Anda dapat mengganti sumber seng lain seperti tiram atau tahu.

6. Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan, dimana EGCG telah terbukti dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, sumber asam amino L-theanine yang terkandungnya dapat memproduksi senyawa pelawan kuman sel T pada tubuh.

7. Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin E dan seng. Vitamin E sendiri merupakan nutrisi penting untuk sistem imun dan dapat melindungi sel dari kerusakan serta meningkatkan respons imun terhadap suatu infeksi.

8. Kunyit

kunyit

Selain untuk bahan masakan, kunyit juga berperan dalam menjaga sistem imun. Kandungan anti-inflamasi pada kunyit dapat mengobati berabgai jenis penyakit. Selain itu, efek kurkumin pada kunyit berperan sebagai penguat kekebalan tubuh dan antivirus.

9. Jahe

jahe

Selain sebagai peningkat imun tubuh, mengonsumsi jahe dapat mengurangi peradangan seperti mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang. Jahe juga dapat membantu mengurangi nyeri ktonis dan memiliki sifat penurun kolesterol.

10. Sup Ayam

supa yam

Kandungan air sup ayam tidak hanya nikmat, namun juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Dengan mengonsumsi sup ayam saat sedang flu, dapat meredakan kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan daging ayam mengandung vitamin B-6, jenis vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah baru. Apabila Anda mengonsumsi 3 ons daging ayam, artinya jumlah asupan harian vitamin B-6 (bagi orang dewasa) sudah tercukupi hampir sepertiga sesuai yang telah direkomendasikan.

11. Bayam

bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya vitamin C, antioksidan, dan beta karoten, dimana ketiganya dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi melalui sistem imun. Anda juga bisa mengolah bayam dengan sangat sederhana seperti brokoli, seperti mengukusnya sehingga mempertahankan kandungan nutrisinya.

12. Seafood Bercangkang

seafood

Apabila Anda penikmat seafood, ini adalah kabar baik. Karena makanan laut bercangkang seperti kerang, tiram, kepiting, dan lobster merupakan sumber seng yang baik untuk menjaga sistem imun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here