Home Hidup Sehat Tanaman Sehat Dalam Rumah

Tanaman Sehat Dalam Rumah

14
0
SHARE

Tumbuhan memang memiliki peran penting untuk kehidupan manusia, selain hutan yang menjadi jantung bagi dunia, dalam skala kecil tanaman hias dalam ruangan juga memiliki peran penting selain untuk estetika tapi juga untuk kesehatan pengguhinya. Tanaman sehat dalam rumah perlu kamu pertimbangkan karena ada beberapa jenis gas udara (polutan) yang bersarang di dalam ruangan dan memiliki risiko mengganggu kesehatan.

Senyawa berbahaya seperti Formalehyde, volatile organis compund, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan desinfektan merupakan poluta yang tidak jarang berada di dala mruangan. Polutan tersebut dapat menimbulkan sindrom bangunan sakit penyebab dari berbagai penyakit alergi.

Ilmuwan NASA menemukan beberapa tanaman hias yang memiliki fungsi untuk menjadikan udara pada ruangan menjadi lebih bersih yang cocok untuk rumah ataupun kantor. Tanaman ini dapat menyedot racun yang bersarang di rumah ataupun kantor.

Berikut daftar tanamanan dalam rumah yang mudah didapatkan

1. Palm Kuning

Tanaman sehat dalam rumah yang pertama yaitu palm kuning atau Areca Palm, tanaman dengan daun cukup panjang yang menutupi batang yang beruas – ruas, tumbuhan ini memiliki ukuran rata – rata tinggi pohon 1 meter hingga 6 meter. Cukup besar untuk didalam ruangan, palm kuning ini lebih cocok untuk ruangan indoor yang besar dan tinggi. Namun pada palm kuning yang masih kecil cocok juga untuk diletakkan di samping furnitur yang baru dipernis, tumbuhan ini dapat menyerap polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde

2. Palm Bambu

Masih dalam keluarga palm, tanaman sehat dalam rumah yang satu ini tumbuh subur di area lembab, namun tidak perlu disiram air terlalu banyak. Seperti palm kuning, jenis palm bambu ini juga bisa menyerap polutan, namun biasanaya laba – laba atau serangga suka hinggap di tanaman ini, namun bisa diatasi dengan menyemprotkan cairan pestisida.

3. Karet Hias

Tanaman sehat dalam rumah selanjutnya adalah karet hias, tumbuhan dengan nama latin Ficus Robusta ini bisa menyerap formaldehid dan menghasilkan oksign. Tanamansehat dalam rumah yang satu ini memiliki penampilan yang cukup menarik secara estetika, dengan daun berwarna hijau muda dengan tekstur kenyal saat dipegang, orang menyebut tumbuhan ini dengan sebutan Rubber Plant. Karet hias sebaiknya tidak diletakkna pada tempat yang terlalu terang, apalagi di bawah sinar matahari secara langsung. Sebaiknya diletakkan di dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar matahari.

4. Rhapis Excelsa

Masih dalam keluarga palem, tanaman ini tidak mudah rusak dan mudah beradaptasi dengan kondisi suhu maupun sinar matahari. Rhapis Excelsa merupakan salah satu dari tanaman yang mudah dipelihara, tidak membutuhkan banyak air, namun pertumbuhannya cukup lambat.

5. Dracaena Deremensis

Tumbuhan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi anda. Tanaman dengan warna hijau tua dan garis hijau muda pada tepinya. Tumbuhan ini memerlukan cahaya yang terang agar tumbuh subur. Tanaman ini juga tetap bisa beradaptasa pada cahaya yang rendah jika airnya dikurangi. Usahakan untuk pot dan media tetap lembab dan sering menyemprotkan air.

6. Peace Lily

Peace Lily ini merupakan tumbuhan hias yang bagus untuk membersihkan udara. Perawatan mudah dan tidak perlu perhatian yang ketat utnuk penemmpatannya. Tanaman ini juga bisa menghilangkan racun benena dan formaldehida. Menyemprotkan air hangat pada daun merupakan cara yang biak untuk merawat bunga ini.

7. Pakis Boston

Pakit Boston ini memiliki karakteristik yang cukup mudah dikenali, Tanaman hias daun ini masih satu keluarga dengan pohon suplir, bisa ditempatkanpada pot dilantai maupun pot yangn digantung. Dari segi kesehatan tumbuhan ini dapat menyerap penyedot racun formaldehid dan xylene, mengandung zat yang bermanfaat.

8. Chinese Evergreens

Chinese Evergreens ini memiliki karakteristik yang unik dan mudah dikenali, dengan helai daun berawana hijau dengan bercak merah pada bagian tepi dan tengahnya. Tanaman satu ini dapat diletakkan pada kamar mandi untuk menghilangkan formaldehyde di udara, zat kimia yang memicu kanker. Biasanya ditaruh dekat shower pancuran kamar mandi.

9. Europan Ivy

Seperti Chinese Evergreens, tanaman ini bisa juga ditaruh di kamar mandi, karena dapat menerap k

arbon diokdsida sehingga udara pada kamar mandi lebih bersih dari racun, metal dan formaldehyde.

10. Lidah Mertua

Secara penampilan tanaman ini mirip dengan dracaena deremensis. tanaman ini juga bisa ditaruh di karmar mandi, tanaman ini bisa menghasilkan oksigen saat malam hari sekaligus bisa membersihkan udara dari racun

Menghias rumah dengan tumbuhan yang memiliki manfaat untuk kesehatan penguhinya merupakan pilihan yang tepat, selain memberikan keindahan juga bisa memberikan aura positif bagi penghuninya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here