Home Fakta Unik 9 Tips Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut

9 Tips Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut

225
0
SHARE
bau mulut 3

Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut – Bau mulut memang hal yang bisa membuat seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri, terlebih lagi jika sedang berbicara di hadapan orang lain. Hal tersebut bisa membuat lawan bicara menjadi kurang nyaman bahkan pembicaraan yang dibahas menjadi kurang berkualitas karena bau mulut tersebut. Jika Anda mengalaminya, tentunya harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan masalah lebih jauh lagi.

bau mulut 2

 

Penyebab umum bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk, sehingga dapat menyebabkan bakteri bersarang di dalam mulut. Jika tidak sering menyikat gigi, bakteri yang telah bersarang di dalam mulut akan semakin tumbuh dan bertambah banyak, sehingga menyebabkan plak pada gigi. Plak yang tidak dibersihkan akan menyebabkan bau busuk dan pembusukan gigi.

Lalu, bagaimana mencegah dan mengatasi bau mulut yang mengganggu?

Tips Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut

Cara yang terbaik untuk menghindari bau mulut adalah mencegah dan mengatasi bau mulut tersebut muncul. Tentunya dengan memastikan kesehatan dan kebersihan mulut tetap terjaga. Simak tips di bawah ini :

1. Sikat Gigi dengan Baik dan Benar

Lakukanlah menggosok gigi dengan baik dan benar, 15 – 20 menit setalah makan, khususnya jika terdapat banyak makanan yang terselip di sela-sela gigi. Jangan sampai terlewat, sikat juga bagian lidah pada saat menggosok gigi. Lakukan menggosok gigi dua kali dalam sehari. Tentunya, kualitas sikat gigi sangat menntukan proses sikat gigi cukup baik atau tidak.

2. Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Gantilah sikat gigi 2 – 3 bulan sekali, terlebih jika sembuh dari sakit terutama flu sebaiknya menggantinya supaya tidak tertular oleh bakteri yang mungkin saja masih tertinggal.

3. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat mengurangi risiko bau mulut, lho! Karena buah-buahan dan sayur adalah makanan alami, tidak mengandung zat kimia berbahaya dan berbau jika mereka membusuk.

4. Berhenti Merokok

Rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Hentikan kebiasaan merokok jika ingin terhindar dari bau mulut yang tidak sedap.

5. Rutin Periksa Gigi ke Dokter

bau mulut

Rutinlah memeriksakan gigi ke dokter gigi meskipun dalam keadaan tidak sakit gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan, mengantisipasi, dan mencegah kemungkinan – kemungkinan kerusakan yang akan terjadi. Dianjurkan untuk periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

6. Memperbanyak Minum Air Putih

Selain untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan asupan cairan tubuh, banyak minum air putih juga dapat mengatasi bau mulut. Jarang minum air putih menyebabkan mulut kering sehingga dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut. Selain itu, secara alami mulut juga akan mengering saat kita tertidur, itu sebabnya ketika bangun tidur di pagi hari napas menjadi lebih bau. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per harinya.

7. Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Dengan mengunyah permen karet bebas gula, dapat merangsang produksi air liur serta mencegah mulut kering. Air liur dapat berperan membilas sisa makanan dan bakteri pemicu bau mulut. Permen harus bebas gula, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

8. Kunyah Buah dan Sayur Penghilang Bau

Beberapa buah dan sayur dapat mengatasi bau mulut. Diantaranya buah lemon, kulit jeruk, atau peterseli. Lemon atau kulit jeruk mampu merangsang keluarnya air liur di mulut. Sedangkan peterseli dengan kandungan zat penetralisir mampu mengatasi bau mulut yang mengganggu.

Hindari makan makanan yang berbau tajam, seperti bawang putih dan bawang bombai saat akan berbincang dengan orang lain.

9. Menambal Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut. Menambal gigi berlubang adalah salah satu cara mengatasi bau mulut tersebut. Namun, tetap harus diimbangi dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi, rutin sikat gigi, serta berkumur dengan mouthwash dan flossing supaya gigi tidak berlubang lagi yang menyebabkan bau mulut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here