Home Penyakit Apakah Penyakit Kista Ginjal Berbahaya?

Apakah Penyakit Kista Ginjal Berbahaya?

68
0
SHARE
kista ginjal

Apakah Anda pernah merasakan tidak nyaman atau merasakan benjolan pada bagian perut? Jika Anda merasakannya, perlu diwaspadai karena hal ini merupakan salah satu tanda penyakit kista ginjal.

Kista ginjal merupakan gangguan pada ginjal dimana lapisan permukaan ginjal melemah sehingga kantung ginjal akan membentuk kantung (divertikulum) berisi cairan (kista) di dalam jaringan ginjal. Kantung yang terbentuk dapat berupa kantung tunggal maupun dengan jumlah yang banyak. Dapat menyerang satu ginjal maupun kedua ginjal.

kista ginjal 2

Penyakit kista ginjal dapat meyerang siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Belum diketahui secara pasti penyebab kista ginjal, namun faktor usia diduga dapat mempengaruhinya. Terutama pada usia di atas 50 tahun dan penderita diabetes.

Gejala Kista Ginjal 

Kista ginjal ringan umumnya tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui USG atau CT scan untuk mengetahui kista tersebut. Meskipun demikian, beberapa penderita yang baru merasakan penyakit ini merasakan gejala seperti :

  • Nyeri pada bagian tubuh, punggung ataupun perut bagaian atas.
  • Sering buang air kecil.
  • Urine berwarna gelap atau terdapat darah pada urine.
  • Demam dan menggigil, maupun infeksi lainnya.
  • Fungsi ginjal menurun (jarang terjadi).

Pengobatan Kista Ginjal

Penderita kista ginjal akan mendapatkan pengobatan sesuai dengan tingkat keparahannya. Kista yang sederhana tidak memerlukan obat penanganan khusus. Namun, jika penyakit ini dapat mempengaruhi fungsi dan kerja ginjal, kista harus dikecilkan dan dibuang dengan melakukan operasi.

Pengobatan Sendiri di Rumah

Melakukan pengobata sendiri juga dapat dilakukan di rumah untuk mempercepat proses pemulihan maupun mencegah timbulnya penyakit kista ginjal ini. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

kista ginjal 6

Mengurangi resiko terserang penyakit terutama kista ginjal dapat dilakukan dengan mengatur pola makan yang sehat. Jika Anda sedang menjalani diet, makanlah makanan yang rendah lemak dan garam.

2. Banyak Minum Air

kista ginjal 5

Kebutuhan cairan tubuh adalah hal paling penting. Bagi penderita kista ginjal, sebaiknya tanyakan ke dokter perihal kebutuhan cairan yang harus dipenuhi, karena kebutuhan penderita kitsa ginjal dengan orang normal akan berbeda.

3. Melakukan Pemeriksaan Berkala

Kista ginjal 4

Lakukanlah pemeriksaan secara berkala meskipun sudah dinyatakan sembuh dari kista ginjal. Sehingga, kondisi kesehatan ginjal dapat selalu dipantau.

Bahaya tidaknya penyakit kista ini dapat diketahui dari tingkat keparahannya. Apabila sampai mengganggu fungsi ginjal lainnya, perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here