Home Cacar Air Bahaya Terserang Cacar Air Saat Dewasa

Bahaya Terserang Cacar Air Saat Dewasa

72
0
SHARE
cacar 5

Cacar air adalah penyakit menular yang dapat menyerang segala umur. Umumnya cacar air menyerang anak-anak terutama yang berusia dibawah 15 tahun. Namun, orang dewasa juga bisa terserang penyakit cacar air, apalagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan menurun.

Penyebab cacar air sendiri adalah infeksi dari virus Varicella zoster, dimana gejala yang dapat terlihat yaitu adanya bentol kemerahan berisi cairan pada seluruh tubuh hingga wajah dan terasa sangat gatal. Masa inkubasi membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu setelah seseorang kontak dengan orang yang terserang cacar.

Rasa gantal dari bentol berisi cairan tersebut sangat membuat penderitanya tidak nyaman. Terlebih dengan gejala lain yang dirasakan seperti demam, mual, pusing, lemas, sehingga sangat menggangu aktivitas sehari-hari.

cacar 4

Benarkah terserang cacar air saat dewasa lebih berbahaya?

Meskipun cacar air dapat menyerang seseorang dengan segala usia, namun lebih bahaya terserang cacar air saat dewasa. Karena reaksi virusnya bisa lebih besar dan menyebabkan komplikasi hingga peradangan otak atau ensefalitis. Orang dewasa dapat berisiko mengalami komplikasi terutama pada seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah atau menurun, wanita hamil, maupun orang yang sedang menjalani masa terapi, misalnya kemoterapi atau radioterapi kanker, dan orang yang memiliki masalah dengan jantung atau paru-paru.

Infeksi virus cacar pada wanita yang sedang hamil dapat mempengaruhi janin di dalam kandungannya. Apabila tertular pada trimester pertama, maka dapat menyebabkan risiko sindrom cacat lahir pada bayi (sindrom varicella kongenital) menyangkup kepala, masalah pada mata, keterbelakangan mental, dan berat badan bayi yang rendah saat lahir.

Apabila wanita hamil tertular cacar air saat trimester ketiga, akan memiliki risiko lebih besar yaitu terkena pneumonia varicella yang berpotensi mengancam kehidupan paru-paru atau bayi yang lahirkan memiliki cacar.

Akan lebih bahaya terserang cacar air ketika sudah dewasa karena dengan lemahnya kekebalan tubuh, sesorang akan mudah terinfeksi macam-macam (komplikasi cacar air), terlebih jika kebersihannya tidak dijaga. Penyembuhannya pun lebih lama dibandingakan anak-anak, karena daya tahan orang dewasa rentan turun dikarenakan aktivitas bekerja atau memikirkan banyak hal. Sedangkan anak-anak umumnya bisa beristirahat dengan benar tanpa memikirkan banyak hal atau berkegiatan.

Melakukan vaksinasi cacar air sangat dianjurkan terlebih jika Anda yang memiliki banyak kegiatan hingga mempengaruhi daya tahan tubuh. Selain itu, rutin minum air sesuai anjuran dan selalu menjaga kebersihan wajib dilakukan supaya mencegah terserang penyakit cacar air atau penyakit lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here