Home Fakta Unik 5 Fakta Unik Kucing yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

5 Fakta Unik Kucing yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

15
0
SHARE

Kucing merupakan hewan domestik menggemaskan yang sudah sejak jaman dulu menjadi sahabat kita, tingkah laku yang lucu, dan paras kucing yang menggemaskan dapat meluluhkan penggemar kucing yang melihatnya. Adapun beberapa fakta yang dimiliki oleh kucing dan tidak banyak orang yang tahu.

Hari besar tidak selalu berkaitan dengan kepentingan manusia, ada juga hari Kucing Sedunia yang dirayakan sejak tahun 2002 dan diinisiasi oleh komunitas Internasional Fund for Animal Welfare (IFAW).

Fakta unik kucing yang tidak banyak orang ketahui

gambar:pixabay.com

1. Kucing steril tetap bisa kawin

Perkembangbiakan kucing sangat lah cepat, oleh karena itu beberapa orang melakukan sterilisasi atau memandulkan kucing nya dengan tujuan agar kucing terhindar dari akan penyakit kronis seperti kanker rahim pada betina dan kanker prostat pada kucing jantan, selain itu juga untuk mengontrol pertumbuhan kucing. Tapi prosedur steril ini ternyata tidak mengganggu aktivitas penyaluran birahi kucing. Pada kucing yang telah di sterilkan pada umumnya masih bisa kawin

2. Melompat sejauh 6 kali dari panjang badan

Kucing memang hewan yang lincah dan sangat aktif, pada nalurinya kucing memang hewan yang suka berburu, tak heran jika kucing bisa melompat sejauh 6 kali dari panjang badan. Misal seekor kucing dengan panjang 50cm dapat melompat sebanyak 3 meter. Karena fakta unik kucing yang satu ini maka dari itu ada baiknya kita menyiapkan fasilitas bermain untuk kucing agar dapat melatih kelincahannya.

gambar:pixabay.com

3. Sensor pada kumis

Fakta unik kucing yang satu ini terletak pada kumis nya, yang mana berperan penting bagi kucing, pada saat kucing melakukan manuver kucing memanfaatkan kumisnya sebagai sensor, Ibarat orang yang berkendara dan memanfaatkan spion untuk mengecek situasi sekitar.

“Kumis kucing itu istimewa. Kumis yang dimiliki kucing itu minimal seukuran lebar tubuhnya. Nah itu digunakan mereka sebagai sensor untuk mengukur jarak atau bergerak khususnya di siang hari karena kalau siang hari penglihatan mereka tidak bagus,” kata dokter hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI),  Novi Wulandari.

Karena pentingnya kumis kucing baginya, kita tidak boleh memotong nya, apalagi dicabut.

4. Paham dengan emosi manusia

Meskipun banyak orang mengira kucing adalah hewan yang cuek namun dibalik itu kucing sebenarnya dapat memahami emosi manusia dengan baik, seperti anjing, kucing juga bisa memahami emosi manusia terlebih pemiliknya. Kucing mengerti saat manusia merasa senang, sedih, atau marah.

Hal ini yang tidak jarang telah menjadi kisah – kisah unik dan mengarukan antara kucing dan manusia yang ada pada film – film dari berbagai negara.

5. Perlu vaksinasi

Seperti manusia, kucing juga dapat terjangkit virus dan paparan penyakit lainya oleh karena itu perlu untuk divaksinasi, hal ini agar kucing juga terjaga kesehatannya.

Pada kucing terdapat dua jenis vaksin yaitu vaksin umum dan vaksin khusus. Pada vaksin umum terdiri dari vaksin yang mencegah wabah (distemper atau panleukopenia), parvo (penyakit yang disebabkan virus dan menyerang bagian pencernaan), serta infeksi pada saluran pernafasan.

Vaksin khiusus untuk menghindarkan kucing dari penyakit rabies. Di DKI Jakarta, Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) memberikan vaksin rabies gratis.

Berikut tadi 5 fakta unik kucing yang mungkin saja kamu belum ketahui. Bagi kamu pecinta kucing mari jaga dan rawat kucing dengan baik, dan bagi yang alergi atau tidak suka kucing jangan menyiksanya, karena kucing merupakan makhluk yang juga punya hak hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here