Home Fakta Unik Amankah Menggunakan Sabun Kewanitaan Setiap Hari?

Amankah Menggunakan Sabun Kewanitaan Setiap Hari?

152
0
SHARE
kewanitaan 3

Menggunakan Sabun Kewanitaan – Memiliki tubuh yang bersih, sehat dan wangi adalah dambaan setiap orang, terutama wanita. Hampir setiap wanita menginginkan bagian tubuh yang bersih dan sehat, yang membuat dirinya lebih percaya diri dengan penampilannya. Terlebih lagi bagian kewanitaaan atau Miss V yang harus dijaga dengan baik supaya tetap bersih, sehat dan tidak berbau. Karena Miss V adalah bagian tubuh yang memiliki banyak bakteri setelah usus. Oleh karena itu, menggunakan sabun kewanitaan adalah solusinya.

Sabun kewanitaan dianggap dapat menjaga kebersihan area intim. Selain menjadikan bersih dan wangi, menggunakan sabun kewanitaan diklaim dapat terhindar dari masalah keputihan. Namun, apakah dengan menggunakan sabun kewanitaan adalah hal yang tepat dilakukan?

kewanitaan

Menggunakan sabun kewanitaan sebenarnya tidak terlalu diperlukan, karena bakteri pada Miss V adalah jenis bakteri baik, yaitu Lactobacilli. Miss V sendiri mampu rutin membersihkan dirinya secara alami tanpa harus dibantu. Justru apabila menggunakan sabun kewanitaan tersebut akan membunuh bakteri baik dan menumbuhkan bakteri jahat karena keseimbangan pH Miss V terganggu. Masalah keputihan sebenarnya adalah pertanda bahwa fungsi pembersihan Miss V berjalan normal.

Apabila tetap ingin menggunakan sabun kewanitaan akan lebih baik tidak setiap hari dilakukan. dr. Dinda Derdamaisya, Sp.OG menyebutkan bahwa menggunakan sabun kewanitaan cukup tiga kali dalam seminggu saja. Sementara untuk usia yang diperbolehkan yaitu dimulai dari anak-anak usia sekitar 10 tahun atau spesifiknya ketika sudah mulai menstruasi.

Resiko Terlalu Sering Menggunakan Sabun Kewanitaan

  • Infeksi Vagina
  • Vagina menajdi kering
  • Meningkatnya risiko komplikasi kehamilan
  • Menimbulkan penyakit radang panggul
  • Risiko muncul penyakit pada alat kelamin

Tips Membersihkan Miss V Tanpa Sabun

kewanitaan 2

  1. Bilas Miss V dengan air bersih hangat yang mengalir.
  2. Usap dari depan ke belakang, hal ini untuk mencegah bakteri pada anus menyebar ke area Miss V dan saluran kemih.
  3. Bilas sampai bersih Miss V kemudian keringkan.
  4. Rutin mengganti celana dalam berbahan katun, minimal 2x sehari.

Apabila tetap ingin menggunakan sabun, pilihlah produk tanpa parfum, tanpa pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa memiliki bahan kimia yang terlalu keras. Konsultasikan dengan dokter jika bingung menentukan produk apa yang akan digunakan. Menerapkan pola hidup sehat juga sangat dianjurkan untuk menunjang organ intim tetap sehat dan dapat berdampak baik bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here