Home Perawatan Kewanitaan 10 Cara Mengatasi Masalah Keputihan yang Mengganggu

10 Cara Mengatasi Masalah Keputihan yang Mengganggu

236
0
SHARE
keputihan 5

Mengatasi Masalah Keputihan – Sebagian wanita pasti pernah mengalami masalah keputihan mulai dari keputihan normal hingga yang sangat mengganggu aktivitas harian. Ada beberapa faktor penyebab keputihan itu dapat terjadi, diantaranya penggunaan pil KB dan obat kortikosteroid, iritasi pada bagian vagina, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Sangat perlu adanya untuk menjaga kebersihan dan kelembapan area vagina untuk menghindari masalah keputihan yang mengganggu. Karena area vagina merupakan daerah yang sering lembab dan mudah menjadi sarang bakteri dan jamur.

keputihan 6

Keputihan tidak normal atau keputihan akibat infeksi sering disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Jamur Kandida (Kandidiasis), menyebabkan keputihan yang berbau asam atau tidak berbau, menyebabkan gatal, serta kemerahan pada luar vagina.
  • Bakteri (Vaginosis Bakterial), menyebabkan cairan keputihan yang berwarna keabu-abuan serta berbau amis.
  • Bakteri (Klamidiasis), menyebabkan keputihan yang terasa nyeri pada tulang panggul atau pada saat buang air kecil.
  • Penyakit Trikomoniasis, merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis. Dimana menyebabkan keputihan yang berwarna kekuningan atau kehijauan, berbuih, berbau amis, serta rasa perih pada saat buang air kecil.

Cara mengatasi keputihan yang tidak normal dilakukan sesuai dengan penyebab keputihan tersebut, antara lain :

  • Keputihan disebabkan jamur Kandidiadis 

Obatnya adalah antijamur dalam bentuk gel yang dimasukkan ke dalam vagina, atau obat antijamur berbentuk tablet yang diminum.

  • Keputihan disebabkan Vaginosis Bakterial

Obatnya adalah antiobiotik jenis metronidazol atau klindamisin, baik yang diberikan melalui vagina atau diminum. Obat ini berfungsi untuk menghilangkan Bakteri.

  • Keputihan disebabkan Klamidiasis

Obatnya adalah antibiotik azitromisin anjurannya satu kali minum. Atau doksisiklin yang diminum selama 7 hari. Ini dapat menghilangkan bakteri penyebab keputihan.

  • Keputihan disebabkan penyakit Trikominiasis

Obatnya adalah obat metronidazol. Pada Klamidiasis dan penyakit Trikomonas, pasangan seksual harus mendapatkan pengobatan juga.

Lalu, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah keputihan?

panties

Selain menjaga kebersihan area kewanitaan, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi keputihan yang mengganggu dan terhindar dari risiko infeksi, yaitu :

1. Membersihkan area vagina dengan sabun dan air hangat setelah buang air besar atau buang air kecil. Lakukan dari depan ke belakang. Cara ini dilakukan untuk mencegah bakteri yang terdapat di anus menyebar ke area vagina dan saluran kemih.

2. Menggunakan produk kewanitaan tanpa kandungan parfum atau pewangi dan bahan kimia. Karena produk yang mengandung parfum dan bahan kimia akan mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina.

3. Jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih vagina.

4. Hindari membersihkan area vagina dengan semprotan air. Hal ini dikarenakan akan berisiko menghilangkan bakteri baik yang melindungi vagina dari infeksi.

5. Mengeringkan area vagina setelah buang air dengan handuk atau tisu bersih.

6. Hindari menggunakan celana dalam yang ketat, gunakan celana dalam berbahan katun. Hal ini bertujuan untuk menjaga area kewanitaan tetap lembab.

7. Rajin mengganti celana dalam minimal 2 kali dalam sehari.

8. Hindari menggarukarea vagina atau vulva. Karena dapat berisiko mengakibatkan adanya luka dan infeksi.

9. Mengganti pembalut setidaknya 3-5 jam sekali saat menstruasi untuk menjaga kebersihan area vagina.

10. Jangan sering berganti pasangan seksual, supaya terhindar dari infeksi menular seksual.

Itulah cara mengatasi masalah keputihan yang kerap kali mengganggu. Perlu diketahui, tidak semua wanita mengalami keputihan yang tidak normal. Meskipun begitu, tetap selalu waspada dan jaga kesehatan area vagina. Dan penting untuk memeriksakan kesehatan kewanitaan Anda ke dokter kandungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here