Home Fakta Unik 6 Tips Menjaga Kesehatan Telinga

6 Tips Menjaga Kesehatan Telinga

76
0
SHARE
telinga 5

Menjaga kesehatan telinga sangat penting dilakukan untuk mencegah berbagai masalah yang dapat terjadi pada telinga. Sama dengan halnya mata, semakin tua usia seseorang, maka kemampuan penglihatannya akan semakin menurun. Kemampuan pendengaran pun akan semakin menurun ketika usia seseorang semakin tua.

Masih banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan telinga dengan benar. Padahal, apabila kesehatan telinga tidak dilakukan dengan benar dapat memungkinkan terjadi adanya gangguan pada pendengaran dan keseimbangan yang dapat menghambat produktivitas sehari-hari.

Gangguan pendengaran dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain :

  • Gangguan sejak lahir
  • Terlalu lama mendengar kebisingan
  • Terdapat benda asing di dalam terlinga
  • Mengalami proses penuaan, dimana terjadi degenerasi sel-sel sensorik penerima sensasi dengar

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar :

1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar

telinga

Telinga memiliki 3 bagian, yaitu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Masing-masing fungsinya supaya manusia dapat mendengar dengan baik. Apabila membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan bagian luarnya saja (daun telinga), karena telinga mampu membersihkan dirinya sendiri.

2. Berhenti menggunakan cutton bud

telinga 3

Menggunakan cutton bud saat membersihkan telinga sangat sering dilakukan oleh hampir setiap orang. Namun, tindakan ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Selain itu, membersihkan telinga dengan cara mengorek, menggunakan penjepit kertas atau bahkan peniti justru dapat melukai telinga yang berisiko merusak organ sensitif, seperti gendang telinga dan dapat membuat kotoran telinga masuk ke dalam.

3. Menjaga telinga supaya tetap dalam keadaan kering

telinga 4

Kondisi telinga yang lembab memungkinkan perkembangbiakkan jamur dan bakteri di dalam telinga yang memicu infeksi dan iritasi. Untuk menjaga kondisi telinga tetap kering, dapat dilakukan menggunakan handuk yang bersih terutama setiap selesai berenang atau mandi.

4. Hindarkan dari suara keras

telinga 2

Tidak semua suara dapat diterima oleh telinga, karena telinga memiliki kapasitas kemampuan dalam mendengar suara. Jika terlalu sering mendengar suara keras, kemampuan telinga akan semakin berkurang. Oleh karena itu, hindarkan telinga dari suara keras untuk menghindari munculnya gangguan terlinga yang tidak diinginkan.

5. Hindari terlalu sering menggunakan earphone

telinga 1

Menggunakan earphone saat mendengarkan musik atau menonton video memang lebih memiliki kualitas suara yang didengar lebih baik. Namun, sebaiknya jangan menggunakan lebih dari 1 jam. Karena jika terlalu lama tidak memungkinkan munculnya gangguan pada pendengaran. Jangan lupa untuk mengatur volume suaranya supaya tidak terlalu keras dan pas didengar oleh telinga.

6. Melakukan pemeriksaan telinga secara rutin

telinga 6

Meskipun tidak mengalami gangguan pendengaran, melakukan pemeriksaan ke dokter THT secara rutin merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi apabila terdapat gangguan pada telinga. Oleh karena itu, jika terdapat gangguan akan dilakukan tindakan penanganan segera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here