Home Fakta Unik Fakta Seputar Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fakta Seputar Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-Hari

11
0
SHARE
Fakta seputar Kesehatan

Membahas fakta seputar Kesehatan memang tidak ada habisnya, ada saja fakta yang baru kita sadari padahal sering kita amati atau bahkan kita alami. Pada dasarnya manusia memiliki fisiologi yang rumit yang menyimpan fakta unik yang belum banyak orang ketahui. Inilah beberapa fakta seputar kesehatan dalam kehidupan sehari – hari.

Fakta seputar Kesehatan

1. Vitamin yang sering terbuang

Vitamin yang terbuang ini biasa terjadi pada saat kita mencuci beras, di saat itulah banyak vitamin seperti Vitamin B yang larut pada air beras, Jadi supaya tidak terbuang terlalu banyak lebih baik untuk membilas beras sebanyak 2x saja.

Fakta seputar Kesehatan

2. Fakta seputar kesehatan, Makanan Gosong berdampak pada kanker

Pernahkah kamu makan sate ayam atau sate kambing yang beberapa sisinya gosong?, Meskipun terkadang malah memberikan cita rasa tersendiri pada bagian yang gosong ini, namun ternyata terdapat kandungan benzena yang merupakan karsinogen pada bagian yang gosong, untuk itu sebaiknya bersihkan sisi yang gosong tersebut.

Fakta seputar Kesehatan

3. Orang yang makan banyak tapi tetap kurus karena usus pendek

Dalam fakta seputar kesehatan yang satu ini pasti sudah biasa melihat orang dengan pola makan yang banyak dan sering namun tubuhnya tidak gemuk, Hal ini terjadi karena beberapa faktor salah satunya yaitu dikarenakan usus yang lebih pendek, semakin luas dan panjang bidang usus makan semakin luas bidang penyerapan nutrisi oleh jonjot usus sehingga banyak pula nutrisi yang disalurkan ke organ tubuh lain.

Hal yang terjadi pada orang dengan usus pendek ini yaitu makanan cenderung banyak yang dibuang ke proses defekasi atau BAB. Faktanya ada beberapa orang yang rela memendekkan usus atau mengecilkan lambung agar mudah kenyang dan menjaga berat badan.

4. Orang yang makan banyak tapi tetap kurus karena cacingan

Fakta seputar kesehatan yang satu ini cukup mainstream juga ya, biasanya orang menganggap anak yang tidak gemuk padahal sudah makan banyak dikarenakan cacingan.
Cacingan ini disebabkan oleh perilaku pribadi itu sendiri, dari segi higienis dan lebih umum dialami oleh anak – anak, namun tidak menutup kemungkinan dialami juga pada orang dewasa.
Penyebabnya adalah cacing yang menular lewat telur – telur cacing yang kecil yang dapat dilihat melalui mikroskop. Terdapat beberapa janis cacing diataranya yaitu Ascaris Lumbricoides (cacing perut), Necator americanus (cacing tambang), Trichuris trichuira (cacing cambuk) dan Oxyruris vermicularis (cacing kremi). Cacing – cacing tersebut biasa hidup di dalam usus dan menyerap sari makanan yang kita konsumsi sehingga nutrisi yang diserap tubuh kita menjadi berkurang dan menyebabkan pengidapnya menjadi kurus.

Fakta seputar Kesehatan

5. Tinta Printer mengandung logam berat

Printer merupakan perangkat yang sering kita temui, terlebih pada kantor, terkadang saat mengisi ulang atau sedang memperbaiki sering kali tangan terkena tinta, tahukah kamu ternyata tinta ini mengandung logam berat yang memiliki dampak buruk bagi tubuh kita jika tidak membersihkan dengan baik saat mengenai tangan, dampak buruk yang dapat mengancam kesehatan antara lain kerusakan pada organ tubuh bahkan kematian.

Fakta seputar Kesehatan

6. HIV ada obatnya?

HIV merupakan penyakit yang penularannya melalui hubungan seksual, atau jarum suntik dan sebagainya, HIV merupakan penyakit yang mematikan dalam jangka waktu relatif lama, namun faktanya sudah ada obat untuk penyakit HIV, tapi bukan obat untuk mengobati secara tuntas, namun untuk mempertahankan daya tahan tubuh penderitanya agar menambah jangka waktu yang lebih lama.

Fakta seputar Kesehatan

7. Sujud 8 menit setiap harinya dapat mengoreksi bayi sungsang

Pada kandungan normal seharusnya posisi kepala bayi berada di bawah dan kaki berada di atas, namun jika terbaik atau biasa disebut sungsang yang mana akan menyulitkan dalam proses persalinan, maka ibu hamil disarankan untuk melakukan sujud setidaknya 8 menit setiap hari supaya bayi tidak sungsang lagi.

Fakta seputar Kesehatan

8. Jangan membuang air sabun ke dalam kloset

Mungkin kita secara sengaja sering kali membuang air sabun ke dalam kloset agar bersih dan sebagainya, namun ternyata tidak dianjurkan membuang air yang mengandung sabun ke dalam kloset ini dikarenakan sabun dapat membunuh bakteri yang berfungsi untuk pembusukan hasil buangan kita. Namun untuk sabun saat kita membersihkan kloset boleh – boleh saja kok.

Fakta seputar Kesehatan

9. Kanker payudara pada laki – laki

Fakta seputar kesehatan yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang tahu, faktanya kanker payudara tidak hanya terjadi pada perempuan namun juga bisa dialami oleh laki – laki. Secara teoritis kanker payudara lebih berisiko pada perempuan yang pertama mendapat menstruasi pada usia di bawah 12 tahun. Namun penelitian membuktikan bahwa hal tersebut tidak berpengaruh. Faktor genetiklah yang mempengaruhi risiko ini.

Fakta seputar Kesehatan

10. Tidak direkomendasikan menggunakan sabun pembersih pada area kewanitaan

Fakta seputar kesehatan yang satu ini mungkin banyak dilakukan oleh kebanyakan wanita pada umumnya, yaitu menggunakan sabun pada area kewanitaan.
Namun ternyata menggunakan sabun pada area kewanitaan ini tidak dianjurkan karena dapat mematikan flora normal (bakteri) pada miss V. Bakteri tersebut berfungsi untuk menjaga daerah kewanitaan dari gangguan benda asing. Biasanya masalah kewanitaan sering terjadi saat bakteri tersebut mulai menipis.

Fakta seputar Kesehatan

11. Perasaan Marah saat lampu merah

Benar atau tidak saat lampu rambu lalu lintas beralih menjadi merah, kita cenderung merasa sedikit marah dan kesal?, mungkin di ataranya karena harus menunggu lampu hijau namun bagi pengendara motor ada masalah asap yang dapat mengancam kesehatan, yaitu kandungan logam berat Pb yang ada pada asap kendaraan, apabila senyawa tersebut dihirup dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Selain adanya logam berat ini juga dapat memicu emosi kita sehingga mengakibatkan kita mudah kesal dan marah.

Itu tadi 11 fakta seputar kesehatan yang mungkin kamu baru tahu setelah membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here